Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menyetel Klep Mesin Diesel : 10 Cara Dan Tujuannya

Cara Menyetel Klep Mesin Diesel - Klep pada mesin diesel perlu dilakukan penyetelan. Penyetelan ini berfungsi untuk mengembalikan perfoma dari mesin diesel itu sendiri. Lalu bagaimana cara menyetel klep mesin diesel?

Mesin diesel ini mempunyai satu block silinder. Hingga cuman ada dua buah klep pada silinder headnya, yakni klep in dan klep ex. Dan dengan sepasang klep itu proses pembakaran bisa berjalan dengan prima.

Sebagai elemen yang selalu bertemu dengan temperatur panas dan penekanan kompresi yang tinggi, tidak tutup peluang bila klep ini alami aus yang mengakibatkan jarak sela klep itu melebar. Akibatnya karena hal itu, mesin diesel jadi kurang bertenaga dan mengeluarkan bunyi nglitik.

Bila sela klep sudah melebar, karena itu perlu dilaksanakan penyetelan klep itu supaya perform mesin diesel jadi kembali normal. Dan berikut sebagai beberapa langkah dalam menyetel klep mesin diesel.

cara menyetel klep mesin diesel

Apa Itu Klep Mesin Diesel?

Klep Mesin Diesel atau kerap disebutkan dengan katup atau dalam ulas inggris disebutkan valve sebuah elemen pada mesin yang berada atau dipasang di bagian kepala silinder yang bakal bergerak sesuai cara piston.

Peranan khusus dari katup mobil sendiri untuk mengendalikan saranya kombinasi udar dan bahan bakar di dalam ruangan bakar atau yang disebutkan katup IN (Intake) dan sebagai pengatura keluarnya gas buang tersisa pembakaran atau disebutkan katup EX (Exhaust)

Dan di dalam pemakaiannya klep atau katup cuman segera dapat kita temui pada mesin dengan type 4 tidak atau 4 cara. Pasalnya dalam mekanisme kerja mesin 2 tidak tidak memakai klep atau katup sebagai pengontrol masuk dan keluarnya kombinasi bahan bakar dan udara.

Tujuan Penyetelan Klep Mesin Diesel

Adapun menyetel Klep Mesin Diesel sebagai satu hal yang cukup penting. Pasalnya dengan dilakukan penyetelan sela katup atau klep pada mesin akan beredampak pada banyak hal salah satunya :

  1. Untuk jamin efektivitas penghasilan kombinasi bahan bakar dan udara di dalam mesin yang nanti akan dikompresikan untuk kepentingan pembakaran.
  2. Untuk jamin efektivitas pembuangan gas tersisa pembakaran agar keluar dari dalam mesin ke udara bebas lewat exhaust manifold.
  3. Untuk jaga keadaan penghasilan dan pengeluaran kombinasi udara dan bahan bakar dan gas tersisa pembakaran pada tiap silinder sama atau hampir serupa.
  4. Penyetelan Klep Mesin Diesel akan kembalikan power atau tenaga yang dibuat mesin seperti yang lalu.

Akibat Sela Katup Terlampau Kecil atau Lebar

Cara menyetel Klep Mesin Diesel yang benar dan baik jadi hal yang sudah pasti harus jadi perhatian. Karena pada intinya saat lakukan geprekelan klep terjadi kesalahan baik itu sela terlampau kecil atau terlampau lebar bisa banyak mengakibatkan permasalahan.

Misalnya saja, saat lakukan geprekelan sela katup terlampau kecil dapat membuat katup tidak tutup dengan rapat hingga bisa terjadi kebocoran dan membuat tenaga yang dibuat tidak optimal. Bahkan juga juga bisa mengakibatkan ledakan di dalam intake manifold.

Sedang penataan sela klep yang terlampau lebar akan membuat mesin keluarkan bunyi yang tidak lumrah. Seperti mesin bunyi kletek kletek saat di gas atau yang lain. Oleh karena itu untuk kalian yang tidak kuasai tehnik geprekelan katup silakan membawa saja ke bengkel.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Berikut ialah panduan atau panduan cara menyetel Klep Mesin Diesel yang dapat kalian dalami. Tetapi sebelumnya yakinkan dahulu kalian mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang biasanya dipakai untuk proses geprekelan klep. Apa itu ?

  1. Kunci Ring ukuran 14/12.
  2. Kunci Ring atau kunci Shock ukuran 14/17/19 yang bakal dipakai untuk memutar pully.
  3. Obeng Plus ( + ) dan Minus ( - ).
  4. Feller Gauge yang disebut alat untuk menghitung ketebalan sela.
  5. Tool Box Set.

Cara Menyetel Klep Mesin Diesel

Saat sebelum lakukan setel klep pada mesin diesel, hal pertama kali yang harus dimengerti yakni ketahui status hebat mesin diesel. Karena, bila mesin diesel tidak ada dalam status hebat, karena itu geprekelan jarak sela klep tidak dapat dilaksanakan.

Untuk ketahui titik hebat mesin diesel, bisa menyaksikan tanda 0 yang ada di roda gendeng ada di atas. Atau mungkin dengan menyaksikan status piston pas ada pada TMA (Titik Mati Atas). Dan sesudah mendapati status hebat, baru lakukan geprekelan dengan tutorial berikut :

  1. Bebaskan cover bonet, dengan cara melepaskan mur penguncinya lebih dulu, selanjutnya ambil cover bonet itu tanpa menghancurkan packing bonetnya.
  2. Pakai kunci cocok nomor 13mm untuk mengurangi baut melawan geprekel klep. Selanjutnya lakukan geprekelan klep dengan obeng min (-) dan memakai fuller gauge untuk mengendalikan jarak kerenggangan di antara klep dengan rocker arm.
  3. Susunlah jarak kerenggangan itu sama ukuran di antara 0,25mm sampai 0,30 mm.
  4. Sesudah jarak pas pada ukuran, mengencangkan kembali mur pengunci setel.

Diatas adalah ulasan terkait cara menyetel Klep Mesin diesel, tujuan, dan fungsi penyetelan klep pada mesin diesel. Semoga bermanfaat.