Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soket Kiprok Mio J, Soul GT, M3, Karbu : 8 Jalur Kabel dan Fungsinya

Soket Kiprok Mio J, Soul GT, M3, Karbu - Kiprok dapat ditemukan pada semua jenis sepeda motor termasuk yamaha mio. Di dalamnya terdapat beberapa soket atau jalur yang memiliki fungsi berbeda. Lalu apa saja soket kiprok mio?

Kiprok memiliki peranan yang cukup utama di dalam mekanisme kelistrikan sepeda motor. Regulator atau beberapa orang mengatakan dengan Kirpok seharusnya selalu pada kondisi baik supaya keperluan arus listrik dalam kendaraan beroda 2 bisa terpenuhi.

Walau bukan jadi elemen pemasok arus listrik khusus dalam mekanisme kelistrikan sepeda motor. Komponen ini menjadi ujung tombak penyetelan arus listrik dari spul ke aki atau baterei.

Ada kiprok dalam mekanisme kelistrikan motor, akan membuat arus tegangan yang ke arah aki atau baterei tidak aka over charge atau terlalu berlebih dan tidak kekurangan atau terlampau kecil. Dengan demikian keadaan aki hancur atau tekor tidak gampang terjadi. Selain itu kiprok pada motor jadi pengubah arus listrik AC dari spul jadi DC. Arus ini nanti digunakan untuk bermacam jenis keperluan seperti pencahayaan, pengisian dan yang lain.

Dan seperti kita kenali, kiprok punyai beberapa jenis tipe yang kemungkinan ada dipasaran sekarang ini. Dan semua tipe kirpok yang ada di motor juga mempunyai soket, dan warna jalur yang berbeda, terhitung pada motor Yamaha Mio. Untuk lebih jelasnya terkait soket kiprok mio akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini

Pentingnya Memahami Jalur Kiprok Mio

Walaupun punyai warna jalur kiprok berlainan, tapi semua pokok sambungan warna kabel pada jalur kiprok Mio atau motor lain masihlah sama. Ingat peranan pada setiap jalur akan sama.

Namun dengan kecocokan peranan intinya, kalian jangan asal-asalan dalam menempatkan jalur kiprok Mio atau motor lain. Karena akan beberapa hal yang ditimbukkan bila penempatan jalur kiprok salah.

Kiprok sendiri mempunyai 4 kaki atau pin yang mempunyai peranan berbeda antar pin atau kakiya. Tetapi ini sering diacuhkan beberapa pemilik motor saat menukar kirpok karena hancur.

Mereka dengan semaunya mengubah jalur kiprok tanpa memerhatikan efek yang diakibatkan. Nach berikut sejumlah hal jelek yang bakal terjadi jika penempatan jalur kiprok Yamaha Mio salah atau mungkin tidak tepat.

  • Nyala lampu khusus tidak jelas.
  • Lampu khusus kerap mati atau putus.
  • Kiprok gampang hancur.
  • Pengisian baterei terusik dan tidak lancar.
  • Aki cepat rusak atau hancur.


Fungsi Jalur Kiprok Mio

Setiap kendaraan memiliki jalur kiprok yang berbeda. Lalu seperti apakah jalur warna kabel kiprok pada Yamaha Mio? Adakah ketidaksamaan pada motor Mio J, Mio Soul, Mio Soul GT dan Mio dengan memakai mesin karbu? 

Fungsi soket kiprok pada yamaha mio yaitu untuk menghubungkan rangkaian kelistrikan sistem pengisian sepeda motor. Didalam soket ini terdapat pin atau terminal yang akan dihubungkan dengan menggunakan kabel ke berbagai komponen kelistrikan sepeda motor lainnya. 

soket kiprok mio

Soket Kiprok Mio

1. Soket Kiprok Mio J, Soul GT, M3

Untuk kamu yang punyai sepeda motor Mio injeksi dengan type Mio J, Mio Soul, Soul GT dan M3 berikut warna jalur kiprok yang perlu kalian ketahui.

  • Pin 1 Merah merupakan Jalur untuk aki
  • Pin 2 Kuning merupakan Jalur ke arah lampu depan
  • Pin 3 Hitam merupakan Jalur massa atau ground
  • Pin 4 Putih merupakan Jalur pengisian dari spul

 

2. Soket Kiprok Mio Karbu

Sedang untuk kamu beberapa pemilik motor Mio lama yang manfaatkan karbu sebagai pencampur bahan bakar dan udara, berikut warna jalur kabel kiproknya.

  • Pin 1 Hitam merupakan Jalur massa atau ground
  • Pin 2 Putih merupakan Jalur pengisian dari spul
  • Pin 3 Merah merupakan Jalur untuk aki
  • Pin 4 Kuning merupakan Jalur ke arah lampu utama

Akhir Kata

Diatas adalah ulasan terkait soket kiprok mio baik mio J, soul Gt, M3 maupun yamaha mio karbu lama. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.