Mengenal Faktor Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha

Konten [Tampil]
faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha
Faktor Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha - Dalam prosesnya, terkadang wirausaha mengalami keberhasilan dan kegagalan. Hal ini ditentukan oleh beberapa faktor. Lalu apa sebenarnya faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha?

Terkadang wirausaha mengalami keberhasilan dikarenakan tujuan usaha yang di inginkan tercapai. Namun resiko kegagalan juga dapat diterima oleh wirausaha terkait usaha yang sedang dijalankan. Oleh karena itu ketika kita terjun kedalam dunia usaha atau entrepreneur tidak boleh sembarangan, melainkan harus melalui berbagai perencanan serta memperhatikan faktor faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha.

Oleh karena itu seorang wirausaha harus memiliki keberanian serta mau menanggung resiko. Selain itu juga harus memiliki berbagai sikap dan perilaku wirausaha. Karakter wirausaha ini akan menentukan bagaiaman wirausaha mengelola usaha yang sedang dijalankan. Apabila pengelolaan baik tentunya usaha akan mencapai tujuan yang diinginkan. Sebaliknya apabila pengelolaan buruk maka resiko usaha yang akan diterima.

Ada banyak yang perlu dipelajari sebagai seorang wirausaha. Selain itu terkadang wirausaha juga mengalami resiko yang dikemudian hari akan menjadi pengalaman agar usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu sebagai seorang wirausaha harus siap karena senantiasa dihadapkan dalam dua kemungkinan, yakni keberhasilan dan kegagalan dalam menjalankan usaha. Untuk lebih jelasnya mengenai faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha akan dibahas pada artikel berikut ini.

Faktor Penyebab Keberhasilan Wirausaha

Keberhasilan dan kegagalan dalam menjalankan suatu usaha dipengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai faktor penyebab keberhasilan wirausaha dalam mengelola usaha. 

1. Faktor manusia 

Faktor penyebab keberhasilan wirausaha yang pertama adalah faktor manusia itu sendiri. Apabila menginginkan keberhasilan dalam usaha yang dijalankan maka seorang wirausaha harus memiliki beberapa hal yaitu:
  • Kepribadian atau karakter seseorang sangat menunjang keberhasilannya. Karakter bisa bawaan dari lahir  namun bisa juga di latih secara terus-menerus. Kemauan keras untuk berubah dan lingkungan sangat  berpengaruh bagi pembentukan karakter. 
  • Ilmu pengetahuan membantu kita dalam menghadapi berbagai persoalan. Dalam mengelola usaha seorang wirausaha dihadapkan dengan berbagai macam kondisi. 
  • Pengalaman yang dimiliki, seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Kita bisa belajar dari pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang lain. Pengalaman orang lain bisa kita amati secara langsung, bisa juga berupa kisah inspiratif bisa di dapatkan melalui buku, maupun media elektronik seperti televisi, internet.  

2. Keuangan 

Faktor keuangan merupakan salah satu pendukung keberhasilan dalam usaha. Tanpa adanya modal, usaha tidak mungkin bisa berjalan. Modal tersebut digunakan untuk membiayai pengeluaran, seperti pembelian bahan baku, peralatan, perlengkapan kerja, gaji karyawan, promosi dan kegiatan operasional lainnya. Uang memang bukan segalanya tapi segalanya membutuhkan uang. 

3. Perencanaan 

Perencanaan yang matang sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan usaha. Agar usaha yang mau dijalankan bisa terarah, dan tidak asal berjalan maka dibutuhkan planning yang matang. Perencanaan dapat dimulai saat usaha itu mau didirikan, misal: 
  • Produk apa yang mau dibuat
  • Berapa modal yang dibutuhkan
  • Siapa calon konsumen sasarannya
  • Dimana tempat usahanya
  • Siapa yang terlibat dalam kegiatan usaha 

4. Pemasaran 

Pemasaran produk merupakan faktor sangat penting. Sebagus apapun produk, bila tidak mampu memasarkannya, maka produk tidak dapat menjangkau konsumen yang dituju. Oleh sebab itu harus dipikirkan, misalnya: 
  • Siapa yang akan memasarkan produk
  • Siapa yang akan beli (pembeli potensial) produk
  • Apa strategi yang digunakan 

Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha 

Sementara itu kegagalan wirausaha kebanyakan dikarenakan karakter dari wirausaha itu sendiri. Selain itu menurut zimerer terdapat beberapa faktor yang menyebabkan gagalnya usaha yang sedang dijalankan. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai faktor penyebab kegagalan wirausaha.

1. Tidak kompeten dalam manajerial

Tidak kompeten dalam manajerial adalah salah satu faktor penyebab kegagalan wirausaha. Dalam menjalankan usaha diperlukan kemampuan manajerial yang baik. Hal ini dikarenakan dalam setiap langkah usaha membutuhkan proses integrasi, koordinasi, organisasi, dan perpaduan dalam setiap proses usaha yang dilakukan. Mulai dari proses perencanaan, produksi, pemasaran memerlukan kemampuan manajerial. Oleh karena itu seorang wirausaha harus kompeten dalam manajerial.

2. Kurang berpengalaman 

Kurang pengalaman adalah salah satu faktor penyebab kegagalan wirausaha. Pengalaman merupakan ilmu terbaik yang akan memberikan pembelajaran bagi seorang wirausaha dalam menjalankan usaha. Oleh karena itu tindakan terbaik yang akan diambil apabila menemui kendala dalam menjalankan usaha sehingga terhindar dari resiko atau kerugian.  

3. Tidak bisa mengelola keuangan 

Tidak bisa mengelola keuangan atau modal adalah salah satu faktor penyebab kegagalan wirausaha. Didalam faktor yang mempengaruhi keberhasilan disebutkan bahwa keuangan menjadi salah satu faktornya. Namun uang yang banyak juga belum tentu usaha yang dijalankan berhasil. Sebaliknya uang yang sedikit juga belum tentu bahwa usaha yang dijalankan gagal. Oleh karena itu, banyak sedikitnya modal atau keuangan perlu di manfaatkan sebaik mungkin agar hasil atau tujuan usaha dapat tercapai.

4. Lokasi yang kurang mendukung 

Lokasi yang kurang mendukung adalah salah satu faktor penyebab kegagalan wirausaha. Tempat yang strategis tentunya akan mendukung keberhasilan dalam menjalankan usaha. Lokasi usaha yang dekat dengan pasar yang menjadi tujuan akan memudahkan konsumen untuk melihat usaha kita. Semakin kenal pasar dengan usaha maka tujuan utama usaha kita akan lebih mudah untuk tercapai.

5. Gagal dalam perencanaan 

Gagal dalam perencanaan adalah salah satu faktor penyebab kegagalan wirausaha. Perencanaan usaha merupakan salah satu hal penting untuk menentukan keberhasilan usaha. Perencanaan terdiri dari berbagai macam kalkulasi terkait usaha yang dilaksanakan. Perencanaan usaha terdiri dari berbagai faktor baik mulai dari proses produksi, pemasaran, serta berbagai proses usaha lainnya. Perencanaan usaha yang baik tentunya akan menghasilkan suatu yang baik juga.

6. Sikap yang kurang bersungguh-sungguh 

Sikap yang kurang bersungguh sungguh adalah salah satu faktor penyebab kegagalan wirausaha. Seorang wirausaha harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap usaha yang dijalankan. Artinya wirausaha harus bekerja keras, mendedikasikan seluruh sumber daya yang ada, semangat tinggi dalam menjalankan usaha. Dengan usaha yang baik tentunya akan menghasilkan usaha yang baik juga. 

7. Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan atau transisi kewirausahaan 

Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan atau transisi kewirausahaan adalah salah satu faktor penyebab kegagalan wirausaha. Seorang wirausaha harus siap dengan segala resiko yang akan dihadapi dimasa depan. Selain itu seorang wirausaha harus memiliki keinginan untuk selalu belajar dan paling maju kedepan. Artinya seorang wirausaha harus berani menjadi pelopor berbagai perubahan terhadap usaha yang dijalankan. Dengan begitu usaha yang dijalankan akan sesuai dengan kemajuan teknologi yang ada.

8. Kurang pengawasan peralatan 

Kurang pengawasan peralatan adalah salah satu faktor penyebab kegagalan wirausaha. Setiap alat yang digunakan dalam proses usaha harus dapat bekerja secara efektif dan efisien. Apabila fasilitas atau peralatan usaha tidak dapat berperan sebagaimana mestinya tentu usaha akan mengalami hambatan dan dapat menyebabkan kegagalan dalam usaha. Oleh karena itu perlu dilakukan manajemen peralatan usaha yang baik agar usaha dapat mencapai tujuan yang dicita-citakan.

Diatas merupakan pembahasan mengenai faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha. Terdapat berbagai faktor keberhasilan wirausaha dan juga faktor kegagalan wirausaha.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Faktor Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel