Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pengertian Dan Metode Analisis Peluang Usaha

pengertian dan metode analisis peluang usaha' class=
Pengertian Dan Metode Analisis Peluang Usaha - Dalam memulai sebuah usaha, kita membutuhkan sebuah proses yaitu analisis peluang usaha. Lalu apa sebenarnya pengertian analisis peluang usaha? Lalu bagaimana metode analisis peluang usaha?

Pengertian analisis peluang usaha adalah proses anilisis untuk mengetahui seberapa besar pangsa pasar yang dapat dikuasai dan serta penjualan yang dapat dilakukan oleh usaha yang dijalankan dimasa depan. Artinya analisis peluang usaha adalah untuk mengetahui seberapa jauh potensi nilai yang didapatkan ketika peluang usaha tersebut kita ambil.

Dalam menganalisis peluang terdapat berbagai tahapan atau metode yang dapat digunakan. Berbagai metode analisis peluang usaha ini dapat digunakan agar hasil analisa matang, dapat dipertanggungjawabkan, serta tidak ada penyesalan dikemudian hari. Dengan begitu, sebagai seorang wirausaha kita tidak salah mengambil peluang usaha untuk dijalankan.

Oleh karena itu analisis peluang usaha sangat penting sebelum memulai usaha. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian peluang usaha dan metode analisis peluang usaha akan dibahas lebih lengkap pada artikel berikut ini.

Pengertian Analisis Peluang Usaha

Pengertian analisis peluang usaha adalah suatau analisa untuk mengetahui seberapa besar pangsa pasar yang dapat dikuasai serta penjualan yang dapat dilakukan oleh usaha yang akan dijalankan di masa depan. Analisis peluang usaha bertujuan untuk melihat potensi yang ada pada peluang usaha. Semakin baik potensi peluang usaha maka keberhasilan atau kesuksesan semakin didepan mata. Sebaliknya apabila potensi peluang usaha kecil maka perlu dipikirkan kembali untuk memulai usaha tersebut.

Analisis peluang usaha yang baik tentunya akan mendapatkan data yang lengkap mulai dari pangsa pasar, perkiraan penjualan yang dapat dilakukan, kekuatan bisnis lawan atau kompetitor, strategi kompetitor, kelebihan dan kekurangan produk kompetitor. Berbagai data tersebut dapat digunakan untuk modal dalam merencanakan usaha yang akan dijalankan agar lebih baik dan memiliki nilai lebih daripada kompetitor yang sudah menjalankan usaha tersebut.

Metode Analisis Peluang Usaha

Untuk mendapatkan data yang lengkap mengenai peluang usaha, maka terdapat berbagai metode analisis peluang usaha. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai beberapa pendekatan yang digunakan dalam menganalisis peluang usaha.

1. Analisis  SWOT 

Analisis SWOT adalah analisis untuk mengetahui faktor internal (Strenght dan Weaknes) dan eksternal (Opportunity dan Threats) perusahaan. SWOT sangat penting untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman, sehingga wirausaha bisa melakukan strategi yang tepat. 

Analisis SWOT digunakan untuk mengatur kekuatan, kekurangan, peluang, ancaman utama terkait usaha yang akan dijalankan kedalam data yang terorganisir. Strengt atau kekuatan dan weakness atau kelemahan berasal dari usaha yang sedang kalian lakukan. Sementara itu peluang dan ancaman berasal dari luar perusahaan anda atau kompetitor.

Analisis  SWOT digunakan untuk mengetahui: 
  • Strenght yaitu kekuatan atau kelebihan yang dimiliki perusahaan yang dapat digunakan untuk mendukung usaha, contoh: memiliki produk yang berkualitas dan sudah dikenal masyarakat, memiliki tenaga kerja (SDM) yang kompeten dan loyal 
  • Weakness yaitu kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan, bila tidak diatasi akan menghambat kinerja usaha, contoh: karyawan yang kurang pengalaman,  
  • Opportunity : Peluang atau kesempatan untuk mengembangkan usaha  
  • Threat: Ancaman, gangguan, hambatan 

2. Analisis 5 W + 1 H 

Analisis 5W + 1 H adalah metode analisis yang dapat digunakan dengan menjawab berbagai pertanyaan yang akan muncul ketika peluang usaha tersebut kalian ambil dan kalian jalankan sebagaimana mestinya. 5W + 1H adalah kumpulan dari kalimat tanya yang terdiri dari what atau apa, where atau dimana, when atau kapan, why atau mengapa, who atau siapa, dan how atau bagaimana. 

Berbagai kalimat tanya tersebut dapat kalian jadikan pertanyaan untuk merencanakan usaha kalian dengan baik. Proses perencanaan yang baik tentunnya akan menghasilkan hasil atau nilai yang baik juga. Untuk analisis 5W + 1H dapat dilakukan sebagai berikut ini:
  • What: produk apa? 
  • Where: dimana lokasi? 
  • When: kapan akan memulai? 
  • Why: Mengapa memilih produk ini? 
  • Who: Siapa orang yang akan terlibat di dalamnya 
  • How: Bagaimana menjalankan usaha ini?

3. Study Kelayakan Usaha  

Studi kelayakan bisnis adalah salah satu metode analisis peluang yang dapat digunakan wirausaha. Studi kelayakan bisnis adalah suatu proses penelitian yang dilakukan pada rencana bisnis untuk mengalisa usaha saat dioperasionalkan secara rutin dalam rangka untuk mencapai keuntungan maksimum dalam waktu yang tidak ditentukan, atau tidak hanya layak atau tidaknya bisnis dibangun, sebagai contoh rencana peluncuran produk baru (Husein Umar, 2003). Sementara itu, istilah lain terkait studi kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan yang digunakan untuk menilai sejauh mana manfaat atau tujuan yang dapat diperoleh dalam melaksanakan suatu kegiatan usaha/proyek (Yacob Ibrahim, 2009). 

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa studi kelayakan bisnis adalah menganalisis faktor-faktor bisnis dalam menentukan rencana bisnis tersebut harus dilaksanakan, tidak dilaksanakan ataupun ditunda, dan untuk menilai kelayakan dalam pengembangan sebuah usaha. 

Manfaat studi kelayakan bisnis antara lain digunakan untuk: 
1. Merintis usaha baru 
2. Mengembangkan usaha yang sudah ada 
3. Memilih jenis usaha yang paling menguntungkan Tahapan Studi kelayakan usaha yaitu: 
  • Tahap penemuan ide Suatu produk yang akan dibuat haruslah berpotensi untuk laku dijual dan menguntungkan 
  • Tahap penelitian usaha Dimulai dengan mengumpulkan data, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan 
  • Tahap evaluasi Mengevaluasi usulan proyek yang akan didirikan, mengevaluasi proyek yang sedang dibangun, dan mengevaluasi bisnis yang sudah di operasionalkan secara rutin 
  • Tahap pengurutan usulan yang layak Jika terdapat lebih dari satu usulan rencana bisnis, maka perlu dilakukan pemilihan rencana bisnis yang dianggap paling penting untuk direalisasikan
  • Tahap perencanaan pelaksanaan Setelah rencana bisnis di pilih untuk direalisaskan, perlu di buat rencana kerja pelaksanaan proyek. 
  • Tahap pelaksanaan Setelah semua persiapan selesei, tahap berikutnya  adalah merealisasikan pelaksanaan. 
  • Tujuan studi kelayakan bisnis/usaha:Untuk menghindari keterlanjuran penanaman modal yang terlalu besar pada peluang bisnis yang kurang menguntungkan

Diatas merupakan pembahasan mengenai analisis peluang usaha. Pembahasan mulai dari pengertian analisis peluang usaha serta metode analisis peluang usaha.

2 comments for "Mengenal Pengertian Dan Metode Analisis Peluang Usaha"