-->

Mengenal Pengertian Wirausaha Secara Umum dan Ahli Terlengkap

Konten [Tampil]
pengertian wirausaha secara umum dan ahli
Pengertian Wirausaha Secara Umum - Tentunya kita sering mendengar istilah wirausaha. Wirausaha atau wirausahawan atau entrepreneur adalah salah satu istilah yang banyak ditemukan didunia bisnis atau kewirausahaan. Lalu apa sebenarnya pengertian wirausaha secara umum?

Pengertian wirausaha secara umum adalah  orang yang menjalankan segala proses usaha mulai dari menentukan peluang usaha, mengenali proses produksi, mengelola manajemen usaha, mengelola pemasaran, serta keuangan. Selain itu seorang wirausaha harus memiliki sikap mandiri dan berani mengambil segala kemungkinan resiko yang terjadi pada peluang usaha yang diambil.

Istilah entrepreneur pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke 18 oleh seorang ekonom perancis yang bernama Richard Cantilon. Entrepreneur adalah agent who buys means of producition at certain prices in order tocombine them. Secara etimologi kata wirausaha adalah berasal dari dua kata yaitu wira dan usaha. Wira memiliki arti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur gagah berani dan berwatak agung.  Sementara itu usaha berarti “perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan”.

Jadi, secara etimologis atau harfiah, pengertian wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan. Seorang wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita. Untuk lebih lanjut mengenai pengertian wirausaha secara umum dan pengertian wirausaha menurut ahli akan dibahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Wirausaha Secara Umum

Pengertian wirausaha secara umum adalah seorang yang memiliki sikap-sikap seperti pahlawan yaitu berani, mandiri, serta mengerahkan segala potensi untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Seorang wirausaha harus mampu mengenali produk, menentukan cara produksi, mengatur pemasaran, mengatur keuangan, serta segala aspek manajemen usaha untuk mencapai sebuah tujuan yaitu keuntungan.

Selain itu seorang wirausaha harus mau menanggung segala resiko kedepan terkait usaha yang dijalankan. Oleh karena itu seorang wirausaha harus memiliki kesiapan mental yang baik ketika usaha yang dijalankan mencapai tujuan atau tidak mencapai tujuan. Selain itu seorang wirausaha harus mampu dan mau bersaing dengan wirausaha lain dalam mencapai tujuannya.

Untuk mencapai tujuan, seorang wirausaha harus mampu memadukan berbagai faktor seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, alat produksi untuk mampu menghasilkan sebuah produk yang memiliki nilai tambah. Dalam upaya menambah nilai tambah maka seorang wirausaha harus melakukan destructive creativity atau pengerusakan secara kreatif. Nilai tambah inilah yang kemudian dapat dipasarkan untuk mendapat keuntungan.

Pengertian Wirusaha Menurut KBBI

Wirausaha adalah orang yang memiliki kepandaian atau bakat untuk mengenali produk baru, menentukan berbagai cara produksi baru, menyusun proses operasi untuk pengadaan produk baru, proses pemasaran, serta pengaturan modal untuk setiap proses operasinya.

Pengertian Wirausaha Menurut Ahli

Terdapat berbagai penjelasan mengenai pengertian wirausaha menurut ahli. Berikut merupakan pembahasan mengenai pengertian wirausaha menurut ahli.

1. Menurut Syamsudin Suryana

Wirausaha adalah seseorang yang mempunyai sikap atau karakter percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, memiliki kepemimpinan yang lugas, memiliki sikap kreatif untuk menghasilkan inovasi, dan memiliki orientasi pada masa depan.

2. Menurut Prawirokusumo

Wirasusaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

3. Menurut Joseph Schumpeter

Wirausaha adalah seorang inovator yang memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai perubahan di dalam pasar melalui proses penggabungan beberapa hal atau sesuatu yang baru. Adapun sesuatu yang baru tersebut bisa dalam bentuk:
  • Ada produk baru yang dikenalkan
  • Ada metode produksi baru
  • Dibukanya pasar yang baru
  • Diperolehnya sumber pasokan baru dari komponen yang baru
  • Dijalankannya suatu organisasi baru pada sebuah perusahaan

4. Menurut Raymon W.Y. Kao

Wirausaha adalah seseorang yang mampu menciptakan atau merancang sebuah gagasan menjadi sebuah realita atau kenyataan.

5. Menurut Richard Cantillon (1755)

Wirausaha adalah seseorang yang mampu memindahkan atau menkonversikan sumber-sumber ekonomis dari tingkat produktivitas yang rendah ke tingkat produktivitas yang lebih tinggi atau lebih baik.

6. Menurut John J Kao

Wirausaha adalah katalisator yang mampu menggerakkan sesuatu, mengerahkan kreatifitas untuk menghasilkan sesuatu yang baru, serta memiliki semangat untuk menjadikan sebuah kenyataan atau realita. Wirausaha adalah seseorang yang kreatif dan inovatif.

7. Menurut Jose Carloss Jarillo Mossi

Wirausaha adalah seseorang yang mampu merasakan berbagai peluang yang sesuai dengan keadaan dirinya dan kepercayaan bahwa kesuksesan suatu hal yang dapat dicapai.

8. Menurut Sys

Wirausaha adalah seseorang yang mempunyai kepribadian yang unggul dan memiliki cerminan sifat budi luhur dan patut diteladani karena dasar kemampuan sendiri serta mampu menghasilkan karya yang memajukan kehidupan manusia berdasarkan kebenaran.

9. Menurut David Mc Chelland

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki sikap berani untuk usaha serta mempunyai kemampuan untuk mendapatkan sebuah peluang usaha dalam memperkenalkan produk baru, teknik baru, sumber pemasukan baru, merancang pabrik, peralatan manajemen, tenaga kerja yang diperlukan serta proses organisasi dalam suatu teknik pengoperasian perusahaan.

10. Menurut J.B Say (1803) 

Wirausaha adalah seseorang pengusaha yang memiliki kemampuan untuk mengelola berbagai sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) serta tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

11. Menurut Edi Swasono

Wirausaha adalah seorang pelopor bisnis, penanggung resiko yang memiliki visi misi kedepan dan memiliki keunggulan prestasi dalamusaha.

12. Menurut Kasmir

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki jiwa pemberani yang berani mengambil kemungkinan untuk membuka sebuah usaha dalam berbagai peluang yang ada.

13. Menurut Dan Stein dan Jhon F Burgess (1993)

Wirausaha adalah seseorang yang melakukan kelola, organisasi, dan berani menaggung resiko untuk menciptakan sebuah peluang usaha dan usaha baru.

14. Encyclopedia Of Americana

Wirausaha adalah seseorang yang berani mengambil sebuah resiko dengan menyatukan berbagai fungsi produksi mulai dari modal, bahan baku, tenaga kerja, dan menerima imbalan atau laba dari sebuah nilai pasar yang dihasilkan.

15. Menurut Arif F Hadipranata

Wirausaha adalah seseorang sosok yang mengambil sebuah kemungkinan yang diperlukan untuk mengelola serta mengatur sebuah masalah serta menerima keuntungan dalam bentuk finacial maupun non financial.

Diatas merupakan pembahasan mengenai pengertian wirausaha secara umum dan pengertian wirausaha menurut ahli. Terdapat berbagai pengertian yang intinya bahwa wirausaha adalah pelaku usaha.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Pengertian Wirausaha Secara Umum dan Ahli Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel