Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal OSN IPS SMP Beserta Pembahasannya Lengkap

Soal OSN IPS SMP - Dalam mempermudah proses pembimbingan olimpiade sains nasional atau OSN maka dibutuhkan beberapa soal latihan. Maka dari itu pada artikel berikut ini akan dibagikan mengenai beberapa soal OSN IPS SMP/MTS. 

Namun sebelum membahas mengenai soal OSN untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) untuk tingkat SMP/MTS, maka perlu diketahui terlebih dahulu sekilas mengenai olimpiade sains nasional.

Pengertian OSN

Salah satunya macam pertandingan yang berprestise di tingkatan SMP/MTS ialah OSN (Olimpiade Sains Nasional). Fungsi angkatan muda dalam sektor Sains untuk sekarang ini benar-benar diperlukan. Dengan berperan serta dalam Pertandingan di bagian Sains ini, diinginkan bisa memberi andil besar untuk bangsa Indonesia kedepan.

Tujuan OSN SMP

Output dari pelakasaan OSN ini diinginkan, bisa:

  1. Bisa tingkatkan Kualitas Pengajaran di Indonesia, pada sektor SAINS
  2. Meningkatkan Kekuatan Pelajar, yakni khususnya pada sektor Matematika, IPA, serta IPS agar lebih maksimal.
  3. Tingkatkan kekuatan dari Murid/Siswi SMP/MTS selalu untuk memikir gawat, rasional, serta inovatif dalam sektor Sains.
  4. Memberi penghargaan ke murid/siswi yang berprestasi dalam sektor Sains.

Pelaksana Dan Sasaran OSN SMP

Ada tahapan-tahapan penyeleksian yang akan dilalui oleh peserta OSN SMP ini, saat sebelum bersaing di tingkat Nasional. Tahapan-tahapan penyeleksian itu, salah satunya:

  1. Tingkat Sekolah
  2. Tingkat Kabupaten/Kota
  3. Tingkat Propinsi
  4. Tingkat Nasional

Diadakannya OSN ini diinginkan bisa dikuti oleh semua pelajar tingkatan SMP/MTS, yang berada di semua Indonesia. Karena itu perlu untuk sekolah untuk mempersiapkan murid/siwi terbaik, agar bisa berperan serta dalam Olimpiade Sains Nasional ini.

Soal OSN IPS SMP/MTS

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dikompetisikan pada OSN tingkat SMP/MTS sederajat. Dengan adanya OSN atau olimpiade sains nasional pada sektor IPS, diharapakan dapat meningkatkan daya pikir dari Murid/Siswi supaya lebih gawat serta inovatif, inkuiri, pecahkan permasalahan, serta ketrampilan sosial. Dan membuat loyalitas serta kesadaran pada nilai-nilai sosial serta kemanusiaan.

soal OSN IPS SMP
Terdapat beberapa soal yang dapat digunakan untuk latihan olimpiade sains nasional terutama dalam bidang IPS untuk tingkat SMP/MTS. Untuk mendapatkannya dapat melalui link dibawah ini.

  1. Soal OSN IPS Tingkat SMP/MTS Tahun 2018 Versi 1
  2. Soal OSN IPS Tingkat SMP/MTS Tahun 2018 Versi 2
  3. Soal OSN IPS Tingkat SMP/MTS Tahun 2019 Versi 1
  4. Soal OSN IPS Tingkat SMP/MTS Tahun 2019 Versi 2
  5. Soal OSN IPS Tingkat SMP/MTS Tahun 2019 Versi 3

Soal OSN Yang lain:

Selain berbagai soal OSN diatas masih terdapat beberapa bidang lain seperti IPA, Matematika, dan lain sebagainya. Untuk itu berikut  merupakan soal OSN pada bidang lainnya.

  1. Soal OSN IPA SMP
  2. Soal OSN Matematika SMP

Diatas merupakan Soal OSN IPS SMP yang dapat diigunakan untuk proses persiapan olimpiade sains nasional. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Post a Comment for "Soal OSN IPS SMP Beserta Pembahasannya Lengkap"