-->

Desain Produk Adalah : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Konsep, & Desain Kemasan

Konten [Tampil]
Desain Produk Adalah - Saat mengawali sebuah usaha baru, hal yang perlu kita kerjakan adalah mengenalkan produk itu ke publik umum. Pada umumnya yaitu dengan desain produk. Lalu apakah desain produk itu?

Awalnya harus telah ditegaskan jika produk kita itu diperlukan oleh warga dengan lakukan beberapa riset awalnya. Dengan demikian akan memudahkan kita untuk mengenalkan produk kita.

Seperti ulasan awalnya, simbol benar-benar berperanan penting untuk sebuah perusahaan atau lembaga. Karena itu, penampilan jenis simbol kita punya pengaruh pada keyakinan warga.

Simbol yang baik akan memberikan keyakinan warga jika produk kita betul-betul paling dipercaya. Tentu saja dengan penampilan simbol yang menggambarkan usaha kita.

Tetapi masih kurang dengan modal simbol saja, desain produk harus juga disiapkan sebaik-baiknya. Warga akan semakin tertarik dengan produk yang dibungkus secara rapi. Untuk lebih jelasnya berkenaan desain produk dan semuanya yang terkait dengan desain produk akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

desain produk adalah

Pengertian Desain Produk

Pengertian Desain Produk adalah serangkaian usaha untuk pelajari dan berencana benda gunakan yang fungsional, ergonomis dan estetis hingga jadi lebih berharga dan berguna untuk pemakainya (customer).

Umumnya, produk yang sudah direncanakan akan dibuat masal secara industri. Karena itu kadang sektor study ini dikatakan sebagai desain industri.

Bahkan juga dengan bahasa inggris, sebenarnya sektor study ini disebutkan dengan Industrial Desain. Tetapi istilah itu tidak bisa ditranslate mentah-mentah jadi desain industri, karena yang dibuat bukan industrinya tetapi produknya (Adhi Nugraha,1989).

Kemungkinan, translasi yang lebih pas adalah desain keindustrian. Namun tetap saja kedengar rancu. Karena itu, desain produk masih jadi istilah yang lebih pas untuk dipakai sebagai translate-nya.

Menyikapi masalah bahasa itu, rasanya jadi penting untuk mengulas pengertian desain produk berdasar arti ucapnya.

1. Pengertian Desain Produk berdasar Arti Kata

Desain produk terdiri dari 2 kata yakni desain dan produk. Dalam kamus besar bahasa indonesia, desain bermakna rangka wujud atau perancangan. Sementara produk merupakan barang atau layanan yang dibikin dan ditambahkan buat atau nilainya selanjutnya diolah produksi jadi hasil akhir proses produksi itu.

Jadi pengertian desain produk secara leksikal adalah rutinitas membuat satu benda yang akan diproses dan dibuat jadi benda yang lebih berharga dan berguna. Produksi kuat hubungannya dengan industri yang memerlukan tehnologi, manajemen, dan patokan tehnis yang lain agar bisa bekerja.

Mengaitkan pengakuan di atas, rupanya desain produk bukan hanya mengikutsertakan perancangan dan seni saja. Desain produk mengikutsertakan banyak disiplin pengetahuan yang lain.

2. Pengertian Desain Produk menurut Beberapa Pakar

a. Bagas Prastyowibowo

Desain produk adalah salah satunya elemen memajukan industri supaya hasil industri produk itu bisa diterima oleh warga, karena produk yang mereka peroleh memiliki kualitas baik, harga dapat dijangkau, desain yang memikat, memperoleh agunan dan lain-lain (Prastywibowo, 1999: 5).

b. Suyadi Prawirosentono

Desain produk adalah rancang bangkit dari satu produk ( barang ) yang akan dibuat ( 1996 : 1 ).

c. Yus R Hadjadinata

Desain produk terkait dengan wujud dan fungsi. Desain berkenaan wujud terkait dengan rencana dan performa dari produk itu. Sedang desain berkenaan fungsi terkait dengan bagaimana produk itu bisa di pakai (Hadjadinata, 1995:18).

d. Imam Djati Widodo

Pengertian desain produk adalah satu pendekatan struktural untuk memadukan rencana produk dan proses yang punya pengaruh, terhitung manufacturing dan pendukungnya.

e. Brutou dan Margaret

Desain Produk adalah peningkatan produk yang direncanakan untuk penuhi kepuasan customer. 

Ruang Lingkup Desain Produk

Ruangan cakupan yang ditekuni oleh desain produk sangat luas, dimulai dari kriya, alat peraga, alat transportasi, sampai ke peralatan rumah tangga. Bila dikelompokan pada umumnya, karena itu ruangan cakupan Desain Produk bisa dipisah jadi:

  1. Desain produk perlengkapan
  2. Desain perkakas lingkungan
  3. Desain alat transportasi
  4. Desain produk kerajinan (Kriya)

Walau luas tetapi ruangan cakupannya cukup terang. Karena itu desain produk adalah cabang pengetahuan desain yang unik tetapi berkadar interdisiplin tinggi. Disiplin-disiplin pengetahuan itu mengikutsertakan seni, tehnik industri, tehnologi, desain grafis sampai ke manajemen. Hal tersebut karena tujuan dari desain produk sendiri memang meliputi beberapa hal.

Tujuan Desain Produk

Pengertian desain produk menurut Ulrich dan Eppinger (2008: 190) adalah service professional dalam membuat dan meningkatkan konsep dan detailnya yang memaksimalkan fungsi, nilai, dan penampilan produk sampai ke mekanismenya supaya produk lebih memberikan keuntungan untuk customer atau produsen.

1. Tujuan Desain Produk Menurut Ulrich

Ulrich dan Eppinger (2008: 190) mencuplik dari Drefyus (1967) menjelaskan jika ada 5 tujuan penting pada proses desain produk, yakni :

  • Utility (Manfaat) : Produk yang dipakai harus aman dan gampang di saat dipakai.
  • Appearance (Penampilan) : Penampilan produk harus unik dan cantik supaya jadi produk yang memikat.
  • Easy to pemeliharaan (Keringanan perawatan) : Perancangan produk bukan hanya hanya untuk pemakaiannya saja, tetapi harus direncanakan supaya gampang untuk dirawat dan diperbarui juga.
  • Low biaya (Ongkos Rendah) : Produk yang direncanakan harus bisa dibuat dengan ongkos yang rendah agar berkompetisi.
  • Communication (Komunikasi) : Desain produk harus bisa mengkomunikasikan filosofi dan visi perusahaan atau perancang

2. Tujuan dari desain produk yaitu:

  • Untuk mengecilkan peluang berlangsungnya ketidakberhasilan dalam pengerjaan satu produk.
  • Sebagai alat pilih sistem yang terbaik dan ekonomis dalam pengerjaan produk.
  • Sebagai alat ukur kelaikan produk, sudahkah penuhi syarat atau harus diperbarui kembali.
  • Untuk tentukan standarisasi atau detail produk yang dibikin.
  • Untuk hitung ongkos dan tentukan harga produk yang akan dibikin.

3. Tujuan dari desain produk yaitu:

  • Berperanan sebagai identitas atau merk produk
  • Untuk membuat produk yang mempunyai kualitas tinggi dan nilai jual yang tinggi
  • Untuk hasilkan produk yang tren di periode itu.
  • Untuk hasilkan produk sehemat kemungkinan dalam pemakaian bahan baku dan beberapa biaya tanpa kurangi nilai jual dari produk itu.

Fungsi Desain Produk

Desain produk sendiri secara object mempunyai fungsi:

  1. Jadi identitas (merek) dari produk
  2. Membuat perlindungan produk (quality control)
  3. Menambahkan nilai produk

Rasanya cukup terang berkenaan pengertian desain produk sesudah kita menelusurinya dari bermacam faktor pembentuknya. Tetapi untuk pastikan study yang lebih terukur, seharusnya kita masih memperbandingkannya dengan bermacam opini pakar. Di bawah ini adalah beberapa pengertian desain produk menurut beberapa pakar.

Konsep Desain Produk

Sebuah produk tentu mempunyai kompetitor dengan produk dari perusahaan lain. Karena itu, dalam jalankan aktivitasnya manajemen perusahaan harus pahami kualitas produk yang menggenggam peranan penting sebagai konsep agar berkompetisi dalam periode panjang.

Keputusan dalam membuat desain produk dapat disimpulkan sebagai keputusan dalam tentukan kualitas produk apakah yang akan dibuat oleh perusahaan.

Berikut 4 konsep desain produk yang penting kita kenali:

1. Riset dan Peningkatan (Rwsearch and Development)

Landasan untuk penelusuran pengetahuan baru adalah dengan lakukan riset. Dengan lakukan riset, produk baru bisa ditingkatkan di hari esok. Walau ini tidak punya pengaruh langsung. Riset bisa diaplikasikan untuk meningkatkan produk secara komersil.

2. Eksperimen kebalik

Ini adalah proses perombakan produk, dengan pahami bentuknya dan meningkatkan produk jadi lebih baik dari yang awalnya.

3. Pemakaian mekanisme piranti lunak

Dipakai untuk meningkatkan mode terkomputersasi dari produk baru dan emenganalisis patokan bentuknya.

4. Pendekatan terstruktur untuk mengintegrasi semua proses desain produk dan beberapa proses pendukungnya

Pendesain mempunyai pekerjaan untuk memerhatikan dan menimbang semua faktor transisi hidup produk. Terhitung faktor kualitas, agenda, ongkos, dan keperluan customer.

Karena itu dibutuhkan ada peningkatan konsep landasan, desain produk, peningkatan proses pengerjaan, penyeleksian dan penataan bahan untuk desain baru yang dilaksanakan oleh team berlainan di saat yang serupa.

Dengan begitu bisa mengirit beberapa waktu untuk meningkatkan produk baru. Pada realitanya, beberapa konsep dipadukan dan diaplikasikan bersama untuk membuat satu produk baru.

Jenis Desain Produk

Desain produk terdiri jadi dua sisi, yakni:

  1. Desain produk yang betul-betul baru, yaitu membuat perancangan dan sketsa baru yang masih belum pernah ada di desain awalnya.
  2. Melakukan modifikasi produk yang telah ada (redesign) atau meningkatkan desain produk yang telah ada.

Desain Produk kemasan

Sekarang kompetisi usaha makin ketat, perusahaan tidak dapat bila cuman memercayakan kualitas produk. Perusahaan harus memiliki keunikan tertentu pada produknya. Dengan semacam itu, karena itu produk yang dipunyainya bisa terkenal dan bisa memancing ketertarikan customer.

Walau satu produk mempunyai kualitas yang baik sekali, tetapi tidak disertai dengan desain kemasan yang bagus maka percuma. Banyak orang memandang apa saja dari kemasanannya.

Bila kemasanannya telah bagus, maka memunculkan pertimbangan positif jika didalamnya juga mempunyai kualitas sebagus kemasanannya.

kemasan bahkan juga mempunyai peranan sebagai identitas satu usaha. Desain kemasan yang memikat dan unik bisa menjadi ciri-ciri unik dan pembanding dari pesaingnya.

Perusahaan bisa sampaikan beberapa info lewat desain kemasan. Info itu berkaitan kualitas, simbol, merk, dan sebagainya. Berikut yang bisa mengundang perhatian customer untuk menyenangi produk itu.

Satu perancangan atas kemasan dalam satu produk yang berperanan sebagai usaha untuk memberikan dukungan marketing disebutkan dengan desain produk kemasan. Bukan hanya berperan sebagai pembungus, desain produk kemasan memiliki fungsi lain berkaitan marketing. Fungsi itu diantaranya:

desain kemasan

  1. Memberikan perlindungan.
  2. Penegasan identitas.
  3. Tempat pembagian
  4. Pengutaraan info
  5. Fasilitas komunikasi visual (kesan-kesan menawan, exclusive, dan berkualitas).
  6. Lambang seni bisa disaksikan dari komponen bentuknya, seperti tipografi, warna, dan formasi.
  7. Faktor ergonomi, mencakup keringanan dan kenyamanan saat penggunaan.

Diatas adalah ulasan terkait desain produk dan kemasan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Desain Produk Adalah : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Konsep, & Desain Kemasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel