-->

Macam Macam Media Promosi : 17 Macam & Ulasannya

Konten [Tampil]
Macam Macam Media Promosi - Dalam proses pemasaran biasanya terdapat berbagai macam media promosi. Setiap jenis media promosi ini disesuaikan dengan kebutuhan masing masing. Lalu apa saja macam macam media promosi?

Sebelum mengetahui jenis media promosi maka perlu diketahui pengertiannya. Media promosi adalah fasilitas yang dipakai untuk sampaikan info atau pesan berkenaan satu produk yang akan dijajakan ke warga. Sekarang ini, ada beberapa media promosi yang dapat Anda pakai untuk mempromokan produk.

Dimasa modern ini sudah banyak media promosi yang bermunculan seiring kemajuan teknologi. Untuk lebih jelasnya terkait macam macam media promosi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.
macam macam media promosi

Macam Macam Media Promosi

Bila Anda mempunyai usaha yang mewajibkan lakukan promosi, Anda bisa memakai satu dari beberapa macam media promosi di bawah ini.

1. Media internet

Media promosi terbaru yang dapat di pakai dengan memakai media internet. Untuk lakukan promosi memakai media ini, Anda dapat memakai media sosial seperti web, WA, BBM, Facebook atau Instagram.

Untuk melakukan lumayan gampang, Anda perlu mempublikasikan photo produk yang akan anda tawarkan di web atau media sosial yang lain. langkah lakukan promosi dengan memakai media internet lumayan gampang dan Anda tak perlu memerlukan ongkos yang mahal.

2. Edaran

Media promosi yang pertama ialah edaran. Edaran diciptakan dengan jumlah banyak dan dengan kualitas yang baik. Disamping itu, edaran bisa juga diedarkan secara tidak periodik di kesempatan tertentu bila diperlukan.

Sebagai contoh jika melangsungkan satu moment tertentu, karena itu media promosi yang paling ringkas untuk menarik warga ialah memakai edaran. Edaran yang terbagi dalam helaian satu muka atau bolak balik dan mempunyai lipatan, biasa disebutkan dengan leaflet.

3. Poster

Poster adalah salah satunya fasilitas yang dipakai untk lakukan promosi yang umum dipakai dan banyak ditemui di beberapa tempat umum yang vital. Sama ukuran yang relative besar, poster benar-benar mempunyai potensi mengundang perhatian pembaca yang ke arah pada pesan merk. Supaya semakin banyak disaksikan, poster harus dibuat sangat menarik.

4. Spanduk

Spanduk umumnya diciptakan dalam ukuran yang besar dan terpasang pada beberapa tempat yang gampang disaksikan orang. Wujud dan tehnik penempatan spanduk beragam. Supaya gampang dipindah, umumnya spanduk terpasang pada kerangka yang berupa X. Spanduk ini dikenali dengan istilah X-banner.

Spanduk adalah satu media info dan promosi yang kerap dipakai oleh beberapa perusahaan dalam pasarkan sebuah produk, umumnya banner ada pada pinggir jalan raya atau diwarung-warung. Banner banyak dimininati oleh beberapa perusahaan dalam pasarkan produknya, karena harga pembikinannya yang condong murah, disamping itu benar-benar efisien dalam media promosi, bergantung design yang cocok untuk promosi produk.

Banner menurut dominikus juju dalam bukunya "design promosi" menjelaskan jika sebuah media info yang memberitahukan info ke warga banyak. Sebelumnya, banner terbatas memakai media kain dan sablon tetapi bersamaan perubahan jaman banner saat ini dapat dengan gampang dibikin memakai digital printing dan dari hasil digital printing juga lebih bagus dan inovatif dengan kontribusi software-software yang hebat dan proses pembikinannya pun tidak kelamaan dibanding memakai sablon. Media pengerjaan banner sekarang tak terbatas pada kain tapi dapat memakai beberapa bahan yang lebih bagus dan bisa bertahan lama.

5. Tv

Tv ialah fasilitas untuk lakukan promosi yang terbanyak menarik banyak konsumen setia. Media promosi yang ini dapat memuat banyak iklan.

Tetapi, karena pengerjaan iklan di tv memerlukan beberapa waktu karena itu ongkos untuk lakukan promosi di tv juga mahal. Disamping itu, waktu iklannya optimal cuman 1 menit, hal tersebut karena karena advertiserannya harus berganti-gantian dengan beberapa iklan lainnya.

6. Merchandise

Selain berbagai macam media promosi yang telah disebut sebelumnya, ada banyak kembali sesungguhnya media yang bisa dipakai untuk pasarkan produk. Kreasi dan keakuratan fragmen pasar jadi kuncinya. Di bawah ini bermacam promotion poin yang wajar dipakai sebagai merchandise:

  • calendar
  • mug
  • topi
  • gantungan kunci
  • mousepad / tatakan mouse
  • buku / catatan / jadwal
  • bolpoin / alat catat yang lain
  • payung
  • goody bag
  • tote bag
  • bantal
  • flash disk USB
  • t-shirt / polo shirt
  • magnet kulkas
  • botol minum / tumbler
  • gelang / kalung dan lain-lain
  • sticker


7. Brosur

Selain itu brosur juga menjadi salah satu macam media promosi. Di Indonesia mulai dikenali di tahun 1870, yaitu dipakai untuk promosi perusahaan secara komersial. Edaran pertama kalinya tiba diperusahaan punya Belanda. Pada zaman 1930 sampai 1942, edaran mulai tumbuh cepat di Indonesia. Walau begitu edaran pertama memasang iklan produk kepentingan seperti odol, sabun, penawaran pelatihan, bahkan juga produk kerajinan seperti batik tersebar cepat.Edaran ialah terbitan tidak periodik yang bisa terdiri dari 1 sampai sebagian kecil halaman, tidak berkaitan dengan terbitan lain, dan usai dalam sekali keluar. Halamannya kerap jadi satu (diantaranya dengan stapler, benang, atau kawat), umumnya mempunyai sampul, tetapi tidak memakai jilid keras.

Menurut pengertian UNESCO, edaran ialah terbitan tidak periodik yang tidak dijilid keras, komplet (dalam 1x terbitan), mempunyai sedikitnya 5 halaman tapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar penghitungan sampul. Wujud dan isi jika terdiri dari 1 halaman, edaran atau brosur biasanya diciptakan pada ke-2 segi, dan dilipat dengan skema lipatan tertentu sampai membuat beberapa panel yang terpisah

8. Catalog

Macam media promosi ini umumnya berisi info yang lebih komplet dibandingkan flyer atau edaran, benar-benar pas untuk mempromokan produk dalam jumlah banyak. Daftar berisi info yang lebih komplet, dari info sekitar detail produk, gambar produk, keunggulan dan keunggulan, bahkan juga setiap diumumkan harga produk itu. Daftar akan mempermudah customer untuk dapat pilih sendiri produk yang mana sesuai kemauan dan bujet

Kadang beberapa produk yang didisplay pada daftar dibarengi dengan informasi potongan harga. Contoh pemakaian daftar diantaranya dipakai oleh Giant, Alfamart, Hero, Carrefour, Matahari, Olimpic, Colombia, dan lain-lain

9. Pamphlet

Pamphlet (pamplet) ialah salah satu macam media promosi seperti booklet (buku kecil) yang tidak berjilid. Kemungkinan cuma terdiri dari 1 helai yang diciptakan di ke-2 permukaan atasnya. Tetapi juga bisa dilipat pada bagian tengahnya hingga jadi empat halaman. Atau juga bisa dilipat tiga sampai 4x sampai jadi beberapa halaman.

Bila dilipat jadi empat, pamphlet itu mempunyai nama tertentu yakni leaflet. Pemakaian pamphlet atau leaflet biasanya dilaksanakan untuk marketing bermacam produk dan untuk penebaran info politik.

Pamphlet pertama kalinya dikenalkan di tahun 1387 sebagai "pamphilet atau "panffet' yang mengikut ketenaran komik satir waktu itu dengan judul Phamphilus, Seu de Amore. Phampilus maknanya disayangi seluruh orang. Biasanya, pamphlet diciptakan dengan kualitas baik karena untuk membuat citra yang bagus pada service atau produk yang diumumkan dalam pamphlet itu.

Berlainan dengan poster yang dibuat supaya orang dapat gampang membaca info meskipun dalam status bergerak, pamphlet diperuntukkan supaya dibaca secara eksklusif. Pada beebrapa jenis, pamphlet ditujukan supaya orang menyelimpang supaya satu waktu dipakai jika memerlukan info.

10. Booklet

Booklet adalah salah satu macam media promosi yang berupa media komunikasi massa yang mempunyai tujuan untuk sampaikan pesan yang memiliki sifat promosi, saran, larangan-larangan ke publik massa dan berupa cetakan. Hingga akhirnya maksudnya itu ialah supaya warga yang sebagai objek pahami dan mengikuti pesan yang terdapat dalam media komunikasi massa itu.

Menurut Effendy Sholeh dalam bukunya, advertensi di zaman saat ini, mengatakan jika booklet ialah satu fasilitas advertensi yang sanggup menarik banyak beberapa konsumen produktif. Ini disebabkan karena ada booklet yang dapat meliputi bukan hanya produk saja, namun bisa meliputi bermacam beberapa jenis produk yang itu dapat membuat customer lakukan perbedaan dalam soal pemasaran. Dalam pengerjaan Booklet masih bergantung pada high tehnologi, ini adalah alternative dalam performanya yang efisien dan efektif dalam hasil dan proses pengerjaan booklet itu.

Penglihatan umum warga berkenaan booklet tidak berbeda jauh dengan promosi atau sponsor-sponsor. untuk contohnya yaitu sebuah perusahaan koperasi dalam lakukan marketingnya memakai layanan media komunikasi massa berbentuk booklet, seperti pasarkan beberapa barang yang dibuatnya. Dimulai dari :

  • wujud barang produksi
  • keunggulan dan kekurangan barang produksi
  • bedanya sama barang sama tapi dibuat oleh usaha lain
  • di mana dapat mendapatkannya dan
  • berapakah harga dari produksi itu


Sedang bila dilihat dari penyebarannya, booklet memiliki pemahaman jika ialah sebuah media dari komunikasi massa yang bukan hanya siarkan, memberitahu dan pasarkan, namun booklet ini bisa juga berbentuk sebuah perwujudan dari sebuah info yang dapat berbentuk pengertian-pengertian asal mula berdirinya organisasi, penerangan dari organisasi-organisasi, dan pernyataan warga yang umumnya lebih memiliki sifat umum.

11. Billboard atau Papan Reklame

Selain itu terdapat juga bilboard yang merupakan salah satu macam media promosi. Billboard atau kerap disebutkan dengan papan iklan ialah wujud promosi iklan luar ruangan sama ukuran besar. Bisa disebutkan juga billboard ialah wujud poster sama ukuran yang semakin besar yang ditempatkan tinggi pada tempat tertentu yang ramai dilewati orang.

Di Indonesia, billboard punyai pengertian sendiri. Yakni iklan yang berupa sektor dengan bahan dibuat dari kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, plastik, dan lain-lain yang penempatannya berdiri dengan sendiri, melekat bangunan dengan konstruksi masih, dan iklan itu memiliki sifat tetap.Hingga papan iklan di atas toko juga masuk kelompok billboard.

Saat sebelum zaman globalisasi penebaran iklan atau billboard belum demikian semakin makin tambah meluas, hingga pendayagunaan iklan tidak dapat optimal (cuman) tersebar/dijumpai oleh warga-masyarakat tertentu. Sedang di zaman globalisasi ini iklan telah menebar luas lewat media komunikasi yang ada yang berjalan bersamaan dengan perubahan tehnologi. Hingga bukan hanya warga atau kelompok tertentu saja yang bisa ketahui atau menikmatinya tapi nyaris dilapisan warga bisa ketahui dan menikmatinya Iklan pada suatu pemahaman yang luas adalah satu aktivitas untuk ajak seorang atau barisan orang mengikut isi iklan itu.

Reklame berawal dari bahasa Spanyol yakni Re dan Clamos sedang dari bahasa latin Re dan Clame, Re maknanya berkali-kali sedang Clame atau Clamosartinya berteriak, hingga secara bahasa Iklan ialah satu pekikan/ ajakan yang berkali-kali. Iklan dapat disimpulkan sebagai satu fasilitas yang mempunyai arah menawarkan produknya atau membuat barangnya laris di pasar.

Reklame mempunyai dua karakter, pertama iklan memiliki sifat komersil yakni satu iklan yang dipakai untuk mendapatkan keuntungan. Dan iklan memiliki sifat sosial yakni satu iklan yang hanya tidak mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan yang berupa material.

12. Flyer

Flyer adalah salah satu macam media promosi yang memiliki panggilan lain dari edaran, pamphlet, atau booklet. Adalah terbitan tidak periodik yang bisa terdiri dari 1 sampai sebagian kecil halaman, tidak berkaitan dengan terbitan lain, dan usai dalam sekali keluar. Halamannya kerap jadi satu (diantaranya dengan stapler, benang, atau kawat), umumnya mempunyai sampul, tetapi tidak memakai jilid kertas.

Jika terdiri dari 1 halaman, pamphlet biasanya diciptakan pada ke-2 segi, dan dilipat dengan skema lipatan tertentu sampai membuat beberapa panel yang terpisah. Pamphlet yang cuman terbagi dalam saru helai/halaman serign disebutkan seluasan dan dengan bahasa inggris disebutkan leaflet atau flayer.

Flyer berisi info atau menerangkan mengenai sutu produk,service, sarana umum profile perusahaan, sekolah, atau ditujukan sebagai fasilitas berpromosi. Info dalam flyer dicatat dengan bahasa singkat dan gampang dimengerti dalam kurun waktu yang cepat. dibuat supaya mengundang perhatian, dan diciptakan di atas kertas yang bagus di dalam usaha membuat citra yang bagus pada service atau produk itu.

13. Kartu nama

Sekian tahun ini keperluan akan kartu nama untuk beberapa manusia di rasa kurang berguna, karena kecondongan saat ini adanya Handphone yang semakin dapat dijangkau dan memasyarakat, hingga dalam berganti nomor telephone, alamat e-mail, pin bb, bahkanlokasi usaha gampang diketemukan dengan Google maps.

Kartu nama bisa dipandang penting saat kita akan menunjukkan profile diri atau pekerjaan kita yang terkadang tidak dapat dipersentasikan secara deatail lewat sebuah smartphone, handphone, atau Blackberry. Dengan kartu nama itu, bisa munculkan kesan-kesan baik atau keyakinan profesiionalisme dibandingkan cuman mengatakan angka nomor telephone yang kadang kita salah tekan hingga tidak dapat mengontak atau kadang salah ikat.

Kartu Nama untuk seorang pembisnis, baik itu owner atau pegawai sangat penting, kartu nama berperan sebagai salah satunya fasilitas promosi yang efisien untuk perusahaan atau usaha layanan perorangan, untuk mengingati kembali service atau beberapa pesan yang kita berikan ke calon konsumen setia.

14. Media Cetak

Media cetak ialah media massa dan termasuk salah satu media promosi yang berupa printing di mana dapat dibaca dan wujud mediumnya statis. Maknanya, media ini dengan wujud tercetak di mana Biasanya, keluar tercepat satu hari sekali (di sejumlah negara, ada media bikin yang keluar satu hari 2x). Dengan mekanisme penulisan secara in dept (lebih dalam dan komplet).Ke-2 wujud media massa itu mempunyai ketidaksamaan yang paling terang dan mempunyai kelebihan serta kekurangan pada setiap kreasi publisistik. Jenis -jenis Media cetak yakni:

a. Koran

Koran adalah media bikin yang keluar tiap hari dengan teratur, tulisannya berbentuk informasi, artikel, fitur, judul dan lain-lain. Info yang dihidangkan komplet menjawab rumusan yakni 5W 1H (what, who, when, where, why, dan how). Isi info diperuntukkan untuk memengaruhi atau mempersuasifkan secara logis atau pemikiran.

Kelebihan media ini ialah karena harga murah, info komplet dan selalu actual, cepat dan mudah mencapai publik yang dinginkan, gampang tersimpan dan dibawa. Tetapi kekurangannya ialah isi pesan begitu singkat, penyuguhan gambar kurang memikat dan pesan cuman dapat dikatakan untuk public yang mempunyai kekuatan membaca.

b. Majalah

Majalah ialah media yang dipakai untuk mengahasilkan ide fitur dan publikasi bermotif untuk bahan rujukan di periode kedepan. Majalah umumnya keluar satu minggu sekali. Kelebihan media ini ialah sanggup menyediakan info yang bukan hanya menjawab 5 W + 1H, tetapi juga secara habis dengan ulasan dari bermacam segi, diciptakan dengan kertas yang memikat dan berkualitas hingga sanggup tampilkan beberapa gambar yang lebih menarik dan sanggup tersimpan pada periode saat yang benar-benar lama. Tetapi kekurangannya jika media ini pesannya tidak dapat selekasnya didapatkan public, dan harga mahal.

15. Ambient

Art Ambient media atau Ambient Artmerupakansalah sesuatu new media dalam berpromosi. Ambient media atau Ambient Art mempunyai langkah yang lain dengan iklan konservatif dalam soal content atau yang lain. Semangat yang dibawa oleh ambient media ialah memberi pengalaman yang tidak terlewatkan (memorable pengalaman) ke customer. Ambient media: "It works for two sederhana reasons-it gets people's attention and provokes an emotional response". (Syamsul Bahri, 2007)

Biasanya Ambient Art usaha mainkan emosi publik target dengan mengusung gagasan lucu (visual pun), seram, beberapa hal yang menjijikkan, atau wujud gestur dan emosional yang lain dan usaha mengikutsertakan publik dibawa untuk turut serta; dari arahkan mata, manfaatkan gerak anggota badan, mendatangkan beberapa atau keseluruhnya badan dalam iklan.

16. Flash mob

Flash mob adalah pergerakan yang dilaksanakan sekumpulan orang asing yang mendadak bergabung pada tempat umum, lakukan hal yang tidak biasa untuk beberapa waktu, selanjutnya bubarkan diri demikian saja. Aktivitas ini umumnya diorganisir cuman lewat situs sosial media, e-mail atau media yang lain.

Nama flash mob sesungguhnya berasal dari 2 kata dengan bahasa Inggris yakni flash yang bermakna sesaat atau kilat dan mob yang bermakna keramaian. Karena itu, tiap pergerakan flash mob tentu mengikutsertakan beberapa orang dan cuman terjadi dalam saat yang benar-benar singkat. Flash mob pertama kalinya dilaksanakan di department store populer, Macy's di Manhattan, New York, Amerika Serikat di bulan Juni 2003 dengan episode 100 orang mendadak saja tiba ke sisi yang jual karpet di departemen itu dan ingin beli karpet yang serupa. Sesudah berhasil bikin sang penjual bingung untuk beberapa waktu, mereka juga bubarkan diri. Pergerakan ini dipelopori oleh Bill Masik, seorang editor dari Harper's Magazine.

Saat ini pergerakan ini berada di mana-mana dan kadang dilaksanakan dalam rencana memberikan dukungan sebuah kampanye, sebagai wujud protes maupun wujud gestur. Flash mob di Indoesia sekarang sudah dilaksanakan sama dalam tanggal 10 Oktober 2010 lalu seputar 1.000 orang mendadak menari di bundaran HI dengan lagu "Love Today" yang ditenarkan Mika

Flash mob umumnya diawali dengan tindakan seorang yang mendadak berteriak, menyanyi, mainkan alat musik, atau lakukan beberapa gerakan aneh yang memikat perhatian. Orang ini berperanan sebagai "provokator" yang memengaruhi seseorang agar mengikut tindakan itu. Selanjutnya tindakan itu dituruti oleh beberapa orang. Flashmob mempunyai kekhasan yakni sesudah atraksi usai, semua penampil lebur dalam keramaian. Situasi langsung berbeda seperti yang lalu, seakan-akan tidak terjadi apaapa. 

Walau nampak spontan, flash mob sesungguhnya disiapkan dengan benar-benar cermat, kerap mengikutsertakan penari dan pemusik professional. Agar gagasan mereka tidak bisa dibaca oleh penumpang, aktornya berpembawaan seperti awak kabin pesawat, petugas lapangan terbang atau seperti penumpang biasa. Pertunjukan ini mengikutsertakan semua barisan usia, mulai beberapa anak sampai orangtua. Tetapi sudah pasti semua ialah penampil yang professional.

17.Social Media (media Sosial)

Yang terakhir terkait macam macam media pomosi yaitu ada social media. Media Sosial (Social Media) ialah aliran atau fasilitas pertemanan sosial lewat cara online di dunia maya (internet). Beberapa pemakai (pemakai) media sosial berbicara, berhubungan, sama-sama kirim pesan, dan sama-sama share (sharing), dan membuat jaringan (networking).

Media sosial sebuah media online, dengan beberapa pemakainya (users) dapat dengan gampang berperan serta, share, dan membuat isi mencakup website, media sosial, wiki, komunitas, dan dunia virtual.Website, media sosial dan wiki adalah wujud media sosial yang umum dipakai oleh warga di penjuru dunia.

Media sosial menurut Gamble, Teri, dan Michael dalam Communication Works dalam cuplikan Wikipedia memiliki ciri-ciri seperti berikut :

  • Pesan yang di berikan bukan hanya untuk satu orang tetapi dapat keberbagai beberapa orang misalnya pesan lewat SMS atau internet
  • Pesan yang di berikan bebas, tak perlu lewat satu Gatekeeper
  • Pesan yang di berikan condong bisa lebih cepat dibandingkan media yang lain
  • Yang menerima pesan yang tentukan waktu hubungan


Diatas adalah ulasan terkait macam macam media promosi yang banyak digunakan oleh para usahawan. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam Macam Media Promosi : 17 Macam & Ulasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel