Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengisi Freon AC Mobil : 14 Cara Pengisian Tekanan Tinggi Dan Pengisian Tekanan Rendah

Cara Mengisi Freon AC Mobil - Ada beberapa factor yang membuat kenyamanan mengemudi memakai mobil dapat diperoleh. Diantaranya ialah terdapatnya mekanisme AC mobil sebagai fasilitas untuk menyejukan kabin saat lakukan perjalanan.

Sebagai salah satunya factor simpatisan kenyamanan, AC mobil pasti harus juga dirawat dan dijaga keadaannya. Ingat pada mekanisme ini, ada banyak elemen AC mobil yang sama-sama terkait untuk mensirkulasikan udara sejuk sampai ke ruangan kabin.

Jumlahnya elemen AC Mobil yang cukup punya pengaruh pada udara dingin yang diembuskan ke ruangan kabin ialah Freon. Di mana peranan Freon dalam AC mobil sendiri untuk sumber pendingin udara paling penting.

Dengan demikian, automatis bila keadaan freon AC mobil habis atau mungkin kurang dari ukuran yang semestinya. Embusan angin sejuk pada ruangan kabin akan kurang. Nach kalau sudah semacam itu, karena itu hal yang perlu dilaksanakan yaitu mengisi Freon AC Mobil. Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengisi freon ac mobil akan diulas pada artikel berikut ini.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Pada R 22, peningkatan penekanan karena dampak suhu akan kelihatan bisa lebih cepat dibanding R 12, dengan begitu pada mekanisme AC atau mekanisme pendingin yang lain yang memakai R 22 akan dibutuhkan instalasi pipa-pipa yang kuat dan tahan pada peningkatan penekanan yang semakin besar.

Compressor yang dipasang pada mesin mobil dan beberapa komponen lain di bagian body mengakibatkan instalasi mekanisme AC mobil alami getaran-getaran, dan mewajibkan penggunaan pipa/slang karet fleksibel, dan alasan panas pada ruang kendaraan, karena itu sekarang ini R 12 masih digunakan pada mekanisme AC mobil, karena peningkatan penekanan karena dampak suhu tidak demikian cepat seperti R 22.

Belakangan ini pemakaian R 12 telah diganti dengan R 134a, karena R 12 ditengarai bisa memunculkan kerusakan susunan ozon dan tidak ramah lingkungan saat ada dalam udara bebas. beda hal dengan R 134a yang lebih ramah lingkungan dan tidak menghancurkan susunan ozon walau R134a bisa memunculkan pemanasan global.

Dalam instalasi mekanisme AC mobil yang bekerja normal, penekanan aliran hirup atau Suction (S atau L) pada compressor AC memperlihatkan penekanan sejumlah 1,5 - 2 bar (21 - 29 psi) di saat mesin hidup dan AC On.

Sedang dalam aliran pencet atau Discharge ( D atau H) compressor Ac, zat pendingin bertekanan 14,5 - 15 bar (200 - 213 psi) di saat mesin hidup dan AC On perputaran mesin 2000 rpm.

Jika ke-2 data di atas tidak didapat, karena itu dapat ditegaskan terjadi kekeliruan / kerusakan pada mekanisme Ac mobil Sahabat otomotif sekaligus.

cara mengisi freon ac mobil

Cara Pengisian Freon AC Mobil

Berikut sejumlah tingkatan atau cara kerj yang bisa sahabat otomotif turuti di saat berniat lakukan pengisian freon Ac Mobil:

1. Alat Diperlukan

Mengulas cara mengisi Freon AC mobil yang betul, untuk kamu yang ingin lakukan pengisian Freon AC mobil karena itu harus dan harus mempersiapkan beberapa alat yang diperlukan untuk lakukan rangkaian proses pengisian Freon. Dan beberapa alat itu, diantaranya:

- Manifold Gauge (alat pengukuran penekanan tinggi/rendah).
- AC Leak Detector (alat untuk check aliran AC mobil).
- Quick Connect AC mobil.
- Freon AC mobil baru seperti tipe dan type AC mobil kalian.

2. Persiapan Awal Pengisian Freon

Sesudah ketahui apa alat yang diperlukan untuk proses pengisian Freon AC mobil seperti otoflik.com berikan di atas. Berikut beberapa penyiapan yang perlu dilaksanakan saat sebelum mengisi Freon AC mobil harus dilaksanakan.

3. Proses Pengosongan Mekanisme AC

Step pertama kali yang harus sahabat otomotif kerjakan di saat lakukan pengisian freon AC mobil ialah proses pengosongan freon,proses ini benar-benar gampang sekali yakni dengan cara menempatkan manifold gauge atau manometer gauge pada aliran yang seperti (selang penekanan rendah pada port L atau S Kompessor Ac dan selang penekanan tinggi pada port H atau D Kompressor Ac).

Seterusnya membuka salah satunya kran penekanan rendah dan penekanan tinggi pada manometer hingga freon akan keluar keudara bebab lewat selang tengah manometer guage. Seterusnya sahabat otomotif tinggal tunggu hingga freon pada mekanisme AC mobil habis (diikuti dengan penekanan pada ke-2 manometer 0 atau suara berdesis pada selang tengah pada manometer tidak ada kembali).

4. Proses Pemvacuman Mekanisme AC

Penyiapan ke-2 harus dilaksanakan untuk mulai mengisi Freon AC mobil yakni pemvakuman. Proses ini harus dilaksanakan karena mempunyai tujuan untuk mengisap dan hilangkan uap air yang ada dalam mekanisme AC Mobil.

Adapun proses pemvakuman ini dilaksanakan minimal lebih kurang sepanjang 15 menit supaya semua uap air ada dalam mekanisme AC betul-betul bersih. Atau bila memakai pompa vakum yakinkan telah ada pada angka -20 psi atau seputar 758.4 mmHg.

Argumen lain proses pemvakuman harus dilaksanakan untuk meminimalkan berlangsungnya pembekuan uap air dalam mekanisme AC. Di mana ini akan membuat AC mobil tidak dingin, atau tidak berhasil peranan.

cara mengisi freon ac mobil

5. Proses Pelumasan Mekanisme AC

Sesudah proses pemvacuman usai supaya keadaan kompressor AC mobil hidup dan Tidak cepat terjadi kerusakan karena itu kompressor AC perlu dikasih pemulasan. Sesudah ke-2 kran penekanan rendah dan penekanan tinggi manifold gauge kita tutup dan pompa vacum kita terlepas karena itu seterusnya isi pelumas kompressor AC dengan beberapa langkah di bawah ini.

  • Tuangkan oli pelumas kompressor AC ( Bukan Oli Mesin) Pada gelas ukur kurang lebih 5 s/d 10 mili atau cc.
  • Masukan selang manifold gauge yang tersambung dengan pompa vacum ke gelas ukur yang sudah berisi oli pelumas.
  • Membuka kran penekanan rendah sedikit,sehinga oli pelumas terserap masuk di dalam mekanisme Ac.
  • Selekasnya tutup kembali kran penekanan rendah sesudah oli pelumas masuk.
  • Mengeluarkan udara yang terjerat lada selang tengah dengan mendesak knop pada tengah manifold gauge (seperti di saat kurangi penekanan angin ban mobil).
  • Teruskan keproses selanjutnya (proses pengisian freon)


6. Proses Pengisian Freon Mekanisme AC Mobil

Dalam Lakukan pengisian freon mekanisme ac mobil ada langkah-langkah pengisian yang bisa sahabat otomotif kerjakan, berikut cara pengisian freon Ac mobil:

a. Cara Mengisi Freon Pada Aliran Penekanan Tinggi

Untuk karyawan yang masih belum demikian eksper, lebih bagus mengisi freon pada penekanan tinggi, karena sepanjang pengisian compressor tidak bekerja mendesak zat pendingin berupa cair.

Cara pertama untuk mengisi freon AC mobil yaitu manfaatkan aliran penekanan tinggi. Cara ini memungkinkannya kita bisa lakukan pengisian Freon sendiri tak perlu mengantarnya ke bengkel.

Argumennya saat proses mengisi Freon, compressor AC mobil tidak bekerja mendesak elemen lain khususnya zat pendingin yang berbentuk cair. Adapun cara cara mengisi Freon AC mobil di aliran penekanan tinggi bisa dilaksanakan dengan cara seperti ini.

cara mengisi freon ac mobil

  1. Naikan lebih dulu penekanan freon AC mobil pada bagian tabung dengan cara memanasi Freon memakai alat khusus namanya Charging Station.
  2. Sesudah penekanan freon bertambah, yakinkan status AC mobil pada keadaan OFF.
  3. Kalau sudah statuskan kunci contact pada keadaan OFF atau seharusnya terlepas kunci dari contact.
  4. Sampai di sini, silakan pasang alat namanya Manifold Gauge ke sisi aliran penekanan tinggi.
  5. Kalau sudah dipasang, silakan statuskan kran Manifold Gauge yang ada dalam aliran penekanan tinggi tertutup dan di bagian aliran penekanan rendah terbuka.
  6. Setelah itu, tuang Freon cair ke mekanisme AC di mobil dengan cara membalik tabung Freon.
  7. Di sini kalian cukup nantikan sampai status Freon telah penuh dan proses mengisi Freon AC mobil juga usai.

b. Cara Mengisi Freon Pada Aliran Penekanan Rendah

Cara mengisi freon AC mobil yang kedua bisa juga dilaksanakan dengan cara manfaatkan aliran penekanan rendah. Tetapi cara ini perlu dilaksanakan oleh montir professional ingat cara ini mewajibkan pengisian dilaksanakan secara cermat. Nach cara-caranya seperti di bawah ini.

  1. Nyalakan mesin ke status ON dan yakinkan ada di status 2000 - 3000 rpm.
  2. Jika sudah, hidupkan suhu AC ke status ON untuk suhu optimal.
  3. Pasang Manifold Gauge ke aliran Hirup / Suction.
  4. Membuka kran tabung Freon dan yakinkan kran aliran penekanan tinggi tertutup dan yakinkan tabung Freon tidak boleh kalian balik.
  5. Kemudian silakan membuka dikit demi sedikit kran manifold gauge untuk aliran penekanan rendah supaya Freon yang masuk ialah gas bukan cairan
  6. Pastikan jarum petunjuk pada alat ukur memberikan angka penekanan rendah di range 21 - 29 psi. Sementara aliran penekanan tinggi seputar 200 - 213 psi dengan arah pastikan freon telah penuh.
  7. Bila semua proses di atas kalian kerjakan, silakan check aliran AC mobil dengan memakai kontribusi alat berbentuk AC Leak Detector.

 

Cara Mengecek Jumlah Freon Pada Mekanisme Ac Mobil

Sesungguhnya sahabat otomotif sekaligus bisa memakai 3 cara dalam tentukan apa pengisian freon pada mekanisme AC telah penuh atau memang belum, silakan pada penerapannya tentukan salah satunya cara yang sahabat otomotif termudah. berikut kami bahas ke-3 cara itu:

1. Dengan Menyaksikan Pada Kaca Kontrol Receiver/Dryer

Mekanisme AC yang telah berisi penuh freon pada perputaran mesin di atas 2000 rpm karena itu pada sight glass itu tidak kelihatan gelembung - gelembung freon.

Jika kelihatan gelembung - gelembung freon, karena itu ini memiliki arti menunjukkanl jika pengisian kurang apabila disaksikan tekanannya dengan manometer maka kelihatan tekanannya belum terwujud seperti data detailnya.

2. Dengan Menyaksikan Penekanan Pada Manifold Gauge

Penekanan freon dalam mekanisme bisa disaksikan pada manometer penekanan rendah dan manometer penekanan tinggi

Jika di saat mesin hidup pada perputaran 2000 s/d 3000 RPM dan AC On, Penekanan pada aliran penekanan rendah telah memperlihatkan 1,5 - 2 bar (21 - 29 psi), dan aliran penekanan tinggi 14,5 - 15 bar (200 - 213 psi), ini memperlihatkan jika mekanisme AC telah berisi Freon penuh.

Kemungkinan sahabat otomotif bertanya, lalu bagaimanakah kita ketahui berapa banyak freon yangvkita isilah ke mekanisme Ac mobil konsumen setia kita?? Tidak boleh cemas berikut kami uoas dengan singkat 2 Mengisi Freon AC Mobil sesuai berat zat pendingin yang masuk di dalam mekanisme menurut buku panduan.

Ke-2 cara di atas ini dikerjakan jika ada ketetapan berat freon yang perlu diisikan ke mekanisme AC atau agar semakin gampang dalam tentukan uang yang perlu dibayar oleh konsumen setia ke kita.

Yang paling simpel cara ini bisa dilaksanakan seperti gambar 1, yakni dengan menghitung berat tabung freon saat sebelum proses pengisian dilaksanakan, berat freon yang masuk di dalam mekanisme bisa ditetapkan dengan menyusutnya berat tabung freon.

Sedang pada gambar 2 memakai alat khusus pengisian (charging station) yang telah memiliki tabung rasio ukur untuk berat freon yang masuk di dalam mekanisme, alat ini diperlengkapi dengan manometer, mekanisme pemanas dan pompa vakum listrik.

Salah satunya sisi keuntungan dari cara ini ialah : kita bisa pastikan langsung harga freon yang diisikan karena freon yang dipasarkan dari pabrik berupa unit berat dalam tabung silinder.

Akhir Kata

Diatas adalah ulasan terkait cara pengisian dan pengosongan freon ac mobil baik tekanan rendah maupun tekanan tinggi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.