Mengenal Desain Produk (Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Ruang Lingkup))

Konten [Tampil]
desain produk
Desain Produk - Setiap bisnis menuntut kita untuk selalu kreatif dan inovatif. Hal ini dikarenakan setiap produk memiliki masa hidup atau life cylce. Akibatnya akan selalu muncul produk baru dan seterusnya. Setiap produk akan mengalami pasang surut sehingga tidak dapat memberikan keuntungan secara terus menerus. Hal ini yang mengakibatkan perlunya sebuah desain produk.

Desain produk adalah terjemahan dari industrial design. Desain produk dikenal dengan desain kemasan yaitu sebuah ide, pengembangan konsep, pengujian, dan pelaksanaan manufaktur atau jasa. Desain produk memiliki peran sebagai alat manajemen yang digunakan untuk menterjemahkan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan sebelum menjadi rancangan yang nyata yang akan diproduksi dan dijual untuk menghasilkan keuntungan.

Tujuan desain produk adalah untuk membantu wirausaha untuk mengembangkan produk baru atau menjamin produk yang dihasilkan sesuai dengan keinginan pelanggan. Peran desain produk pada saat ini sangat berkembang akibat kemajuan teknologi yang semakin pesat dimana banyak fasilitas digital yang dapat digunakan untuk memvisualisasi, komunikasi, dan analisis agar menghasilkan berbagai ide-ide nyata.

Dengan desain produk kita dapat menghasilkan benda atau produk yang fungsional, ergonomis, dan estetis sehingga memiliki nilai lebih terhadap konsumen. Produk inilah yang kemudian akan diproduksi secara massal. Akibatnya desain produk sering kita kenal dengan desain industri. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian, tujuan, dan manfaat desain produk akan kita bahas lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Pengertian Desain Produk

Pengertian desain produk secara makna kata terdiri dari dua kata yaitu desain dan produk. Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI), desain adalah kerangka bentuk atau rancangan. Sementara itu produk adalah sebuah barang atau jasa yang dibuat dengan menambah guna atau nilai melalui proses produksi dan menjadi proses akhir produksi.

Jadi pengertian desain produk adalah aktivitas merancang suatu barang atau jasa yang akan diolah melalui proses produksi untuk menambah nilai dari barang atau jasa tersebut. Proses desain produk tidak hanya melibatkan perancangan dan estetika, melainkan melibatkan berbagai disiplin ilmu lainnya.
Pengertian desain produk adalah desain industri atau industrial design. Desain produk adalah sebuah proses yang digunakan untuk membuat produk baru yang akan dijual oleh perusahaan kepada pelanggan. Dalam prosesnya, desain produk akan mengevaluasi berbagai ide-ide dan mengubahnya menjadi penemuan nyata yaitu sebuah produk.

Desain produk adalah salah satu bentuk keilmuan yang terintegrasi kedalam aspek kehidupan manusia dan berlaku dari masa ke masa. Desain produk dilakukan dengan memadukan unsur khayalan dan orientasi untuk menemukan solusi dari permasalahan manusia dengen menjebatani estetika dan teknologi yang dinamis dan memiliki pengembangan dengan pola tertentu.

Pengertian Desain Produk Menurut Ahli

Terdapat berbagai pengertian desain produk menurut ahli. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai pengertian desain produk menurut ahli

1. Menurut Bagas Prastyowibowo (1999:5)

Desain produk adalah salah satu unsur yang digunakan untuk memajukan industri agar hasil produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat karena memiliki kualitas baik, harga terjangkau, desain menarik, dan memiliki jaminan dan lain sebagainya.

2. Menurut Brutou Margareth

Desain produk adalah suatu proses pengembangan produk baik berbentuk barang atau jasa yang dirancang untuk memenuhi kepuasan konsumen. 

3. Menurut Yus R Hadjadinata (1995:18)

Desain produk berhubungan dengan bentuk dan fungsi. Desain mengenai produk berhubungan dengan perencanaan dan penampilan tersebut sementara itu desain mengenai fungsi berhubungan dengan produk tersebut dapat digunakan.

4. Menurut Suyadi Prawirosentono (1996:1)

Desain produk adalah rancang bangun dari sebuah produk yang akan di lakukan proses produksi.

5. Menurut Imam Djatiwidodo

Desain produk adalah suatu pendekatan sistematis yang bertujuan untuk mengintegrasikan perencanaan produk dan proses berpengaruh termasuk manufaktur dan berbagai pendukungnya. 

6. Menurut Ulrich dan Eppinger

Desain produk adalah sebuah layanan profesional yang digunakan dalam proses pengembangan dan menciptakan konsep dan spesifikasinya untuk memaksimalkan fungsi, nilai, dan tampilan produk hingga ke sistemnya agar produk lebih bernilai dan menguntungkan baik terhadap konsumen maupun produsen.

Manfaat dan Tujuan Desain Produk

Desain produk manfaat dan tujuan tertentu. Desain produk digunakan untuk membantu perusahaan dalam menciptakan dan mengembangkan produk baru atau untuk menjamin hasil produksi yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Manfaat desain produk antara lain:
  1. Menghindari berbagai kegagalan yang mungkin terjadi dalam pembuatan suatu produk
  2. Memilih sebuah cara atau metode yang terbaik dan paling ekonomis dalam pembuatan produk
  3. Menentukan standarisasi atau spesifikasi produk yang dibuat
  4. Menghitung biaya dan menentukan harga produk yang dibuat
  5. Mengetahui kelayakan produk tersebut apakah sudah memenuhi persyaratan atau masih perlu perbaikan kembali
Selain manfaat, desain produk juga memiliki tujuan. Tujuan desain produk antara lain:  
  1. Sebagai identitas/merk dari suatu produk;
  2. Untuk menghasilkan sebuah produk baik berupa jasa maupun barang yang memiliki kualitas tinggi dan mempunyai nilai jual yang tinggi;
  3. Untuk menghasilkan produk yang trend pada masanya;
  4. Untuk membuat produk dengan biaya seminimal mungkin dalam penggunaan bahan baku dan biaya - biaya dengan tanpa mengurangi nilai jual produk tersebut. 

Fungsi Desain Produk

Desain produk memiliki beberapa fungsi dalam menjalankan sebuah usaha. Fungsi dari desain produk adalah:
  1. Indentitas dari produk itu sendiri,
  2. Sebagai pelindung produk, dan
  3. Penambah nilai jual produk.

Ruang Lingkup Desain Produk

Dalam perkembangan selanjutnya profesi ini terbagi atas beberapa  kelompok  kompetensi(mungkin juga dapat berkembang sejalan dengan perkembangan jaman), yaitu:
  1. Desain produk peralatan
  2. Desain perkakas lingkungan
  3. Desain alat transportasi
  4. Desain produk kerajinan (Kriya)    
Secara umum mendesain produk memiliki mekanisme yang sama yaitu berfikir kreatif dalam proses perencanaan produk, sehingga produk tersebut dapat memenuhi berbagai nilai fungsional yang tepat dan dapat digunakan sebagai solusi terhadap masalah yang dihadapi manusia dengan tidak meninggalkan aspek kenyamanan user/pengguna melalui teknik-teknik dan ketentuan-ketentuan tertentu dan pada akhirnya diteruskan menjadi siklus hidup produk yang ditentukan oleh pola perancangan awal baik itu inovasi, modifikasi maupun duplikasi.    

Desain produk merupakan kunci kesuksesan dari produk yang akan dipasarkan dan menjadi bagian dari marketing. Desain produk digunakan untuk membaca sebuah pasar mulai dari keinginan, kemampuan, pola pikir, dan berbagai aspek lainnya terkait produk yang akan dijual. Selain itu desain produk juga akan menentukan seberapa lama produk tersebutdapat bertahan dan beradaptasi dengan siklus pasar.

Diatas merupakan pembahasan mengenai desain produk. Pembahasan mulai dari pengertian desain produk, pengertian desain produk menurut ahli, tujuan dan manfaat desain produk, fungsi desain produk, dan ruang lingkup desain produk.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Desain Produk (Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Ruang Lingkup))"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel