Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Contoh Sikap Rela Berkorban Sebagai Perwujudan Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI

contoh sikap rela berkorban
Contoh Sikap Rela Berkorban Sebagai Perwujudan Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI - Sikap rela berkorban merupakan bentuk tindakan terpuji. Rela berkorban di implementasikan melalui sebuah tindakan nyata dalam kehidupan sehari hari. Lalu apa saja contoh sikap rela berkorban?

Rela berkorban adalah sebuah sikap yang menunjukkan kebaktian sesoerang yang di wujudkan dalam sebuah bentuk tindakan yang nyata. Sebagai warga yang baik, sikap rela berkorban merupakan sebuah keharusan, sehingga NKRI ini bisa berkembang dan pastinya tetap terjaga keutuhannya. 

Rela berkorban mempunyai arti bahwa bersedia dengan ikhlas memberikan yang terbaik apa yang dimiliki kepada bangsa dan Negara. Dengan adanya rela berkorban tentunya warga negara akan berani membela keutuhan NKRI.

Jika para pendahulu sudah mempertaruhkan harta, jiwa dan raga demi Negara kesatuan repuplik Indonesia, Lalu, sudahkah kita melakukan hal yang sama untuk NKRI? Apakah kita rela utuk mewakafkan diri kita kepada bangsa yang tujuannya untuk menjaga keutuhannya?

Sikap rela berkorban perlu ditanamkan sejak dini agar bisa menjadi pribadi yang mulia dan baik. Dalam proses penanaman sikap tersebut dapat melalui berbagai kegiatan mulai pendidikan, bermasyarakat, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mengenai contoh sikap rela berkorban akan dibahas pada artikel berikut ini.

Contoh Sikap Rela Berkorban

Ada berbagai contoh perilaku dalam kehidupan sehari hari yang menunjukan sikap rela berkorban serta sebagai perwujuan menjaga keutuhan NKRI, mulai dari sikap rela berkorban di lingkungan keluarga, sekolah masyarakat dan kepada Negara.

1. Sikap Rela Berkorban dalam Lingkungan keluarga

Sikap rela berkorban sebagai fondasi untuk menjaga keutuhan NKRI bisa dimulai dari lingkungan yang paling kecil yaitu keluarga. Pendidikan perilaku dirumah menjadi tempat yang tepat. para orang tua bisa mengajarkannya secara dini. Misalnya:
  • Anak-anak lebih banyak belajar dibandingkan menonton televisi
  • Kakak yang rela memberikan miliknya kepada adiknya
  • Seorang kakak atau adik mau mengalah saat memperebutkan sesuatu
  • Bersedia membantu ibu
  • Menjaga adik dirumah baik saat ibu sedang di rumah maupun diluar

2. Sikap Rela Berkorban dalam Lingkungan Sekolah

Sikap rela berkorban juga bisa diajarkan disekolah. Sekolah sebagai tempat menimba ilmu memiliki kewajib an untuk mengajarkan sikap ini. Dalam lingkungan sekolah semua warga sekolah harus memiliki sikap rela berkorban, baik murid dan juga semua guru-guru. Terdapat berbagai contoh sikap rela berkorban dalam lingkungan sekolah, diantaranya.
  • Semua merasa  berkewajiban untuk memetahui semua peraturan sekolah
  • Bersedia membantu teman yang sedang mengalami kesulitan
  • Sikap jujur mau mengakui kesalahan sendiri jika berbuat salah
  • Membangun sikap menghargai dan menhormati teman dan kepada guru
  • Mau bergaul dengan siapapun tanpa membedakan suku, ras agama maupun golongan tertentu
  • Sikap berlaku adil dan tidak diskriminatif kepada teman
  • Menjunjung tinggi kedisiplinan

3. Sikap Rela Berkorban dalam Masyarakat

Sikap rela berkorban dapat diwujudkan dalam lingkup yang lebih besar yaitu masyarakat. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai perwujudan perilaku menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini. Perwujudan sikap rela berkorban tergantung dari masyarakat itu sendiri sehingga terdapat berbagai contoh perilaku sikap rela berkorban diantaranya:
  • Mau membantu tetangga atau warga lainnya yang tertimpa musibah
  • Mematuhi semua aturan yang berlaku dalam satu masyarakat
  • Ikut berpartsisipasi dalam menjaga dan menciptakan kemananan lingkungan masyarakat
  • Mendahulukan kewajiban bersama daripada kewajiban pribadi
  • Ikut berpartisipasi dalam bergotong royong demi kepentingan Lingkungan
  • Turut aktif dalam dalam meronda serta kewajiban-kewajiban lingkungan lainnya

4. Sikap Rela berkorban kepada Negara 

Selain dalam masyarakat, sikap rela berkorban juga harus ditanamkan dalam skala yang lebih besar yaitu negara. Bentuk sikap rela berkorban dalam negara tidak hanya melalui peperangan atau gencatan senjata, melainkan dapat dilakukan melalui banyak hal. Hal ini tergantung dari pekerjaan, ekonomi, geografis, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh seorang pelajar yang rela berkorban kepada negara tentunya akan belajar dengan giat. Dengan giat belajar, maka siswa tersebut akan menjadi pandai yang dikemudian hari akan menjadi aktor yang dapat mengembangkan negara serta menjaga keutuhannya. Intinya dalam membela negara, beda pekerjaan beda cara membela negara, walaupun kesemuanya berawal dan berujunag pada terjaganya keutuhan NKRI.

Diatas merupakan pembahasan mengenai beberapa contoh sikap rela berkorban sebagai perwujudan perilaku menjaga keutuhan NKRI dalam kehidupan sehari-hari. Akhirnya, sebagai bangsa yang majemuk, mari saling menghargai dan menghormati dan tetap membangun kebersamaan. Jangan muda terprovokasi segala isu yang tujuannya adalah untuk memecah bela keutuhan NKRI. NKRI adala harga mati.

Post a Comment for "15 Contoh Sikap Rela Berkorban Sebagai Perwujudan Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI"