Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Kelas 9 Kurikulum 2013 Terbaru (Lengkap)

rpp pkn kelas 9

RPP PKN Kelas 9
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan salah satu kewajiban tenaga pendidik atau guru pada semua mata pelajaran termasuk PKN Kelas 9. RPP PKN kelas 9 ini haruslah menggunakan struktur kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013 revisi.

Pembuatan RPP PKN kelas 9 harus mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar yang terdapat pada kurikulum 2013 revisi. Terdapat berbagai kompetensi dasar yang harus dicapai menurut kurikulum 2013 revisi pada setiap proses pembelajaran PKN untuk kelas 9. Kompetensi tersebut harus dapat tercapai oleh semua peserta didik sebagai bekal ilmu untuk jenjang selanjutnya.

RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan salah satu bagian perangkat administrasi guru yang tentunya tidak asing bagi tenaga pendidik. Namun adanya berbagai perubahan teknologi maka terdapat perkembangan bentuk maupun konsep RPP karena adanya berbagai perubahan kurikulum. Kurikulum terbaru yang digunakan adalah kurikulum 2013 revisi tahun 2018. Didalam kurikulum 2013 revisi terbaru memiliki kewajiban untuk mengintegrasikan berbagai kebijakan pendidikan indonesi termasuk PPK, 4C, HOTs, dan literasi.

RPP PKN kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018 ini merupakan kewajiban bagi guru yang mengampu mata pelajaran PKN dan sebagai bagian dari perangkat pembelajaran atau administrasi guru. Penyusunan RPP PKN untuk kelas 9 kurikulum 2013 revisi terbaru ini bertujuan sebagai perencanaan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris agar semua kompetensi yang ada dapat dicapai oleh siswa.

Terdapat berbagai perubahan pada kurikulum 2013 terbaru revisi 2018. Didalamnya terdapat bagaimana proses mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter yang bertujuan untuk menanamkan 5 nilai karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.  Selain itu membiasakan gerakan literasi sekolah, menenamkan keterampilan 4C, dan membiasakan berfikir HOTs.

Di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus memunculkan empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Maka perlu kreatifitas guru atau tenaga pendidik dalam proses pembuatannya agar semua hal tersebut dapat terintegrasi dengan baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Dalam pelaksanaan PPK disesuaikan dengan kebutuhan yaitu dapat dilaksanakan 5 hari atau 6 hari.
 
Kali ini akan kami bagikan mengenai RPP PKN kelas 9 kurikulum 2013 revisi terbaru untuk proses pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 khusus bagi Bapak/Ibu yang belum membuat/ menyusun kedalam perangkat pembelajaran atau adminsitrasi guru profesional. Karena memang ini bagian yang tidak bisa lepas dari tugas Pokok dan fungsi disamping memberikan proses pembelajaran didalam sekolah/ madrasah. Maka dari itu ini haruslah dibuat serius mungkin supaya nanti siswa mampu mencapai kompetensi dari setiap kompetensi dasar, indikator dari masing-masing materi pelajaran.

Untuk lebih jelasnya mengenai rencana pelaksanaan pembelajaraan atau RPP PKN kelas 9 kurikulum 2013 revisi terbaru atau terbaru akan dibahas pada artikel berikut ini.

RPP PKN Kelas 9

Berikut merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran  atau RPP PKN kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018 atau terbaru.
Diatas merupakan Informasi mengenai RPP PKN kelas 9 kurikulum 2013 revisi terbaru,  semoga bermanfaat untuk Bapak/Ibu semua dalam melengkapi perangkat pembelajaran atau adminsitrasi guru.

Post a Comment for "RPP Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Kelas 9 Kurikulum 2013 Terbaru (Lengkap)"