Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Buang Angin Rem Mobil : 7 Cara, Penyebab, Dan Urutan Proses Buang Angin

Cara Buang Angin Rem Mobil - Angin atau udara yang terjebak pada sistem rem sangat berbahaya. Dengan kata lain bisa membuat mobil yang dikendarai mempunyai potensi yang besar akan berjalannya kecelakaan. Lantas bagaimana cara buang angin rem mobil yang benar?

Mekanisme rem mobil baik rem cakram atau rem tromol adalah sisi penting dari mekanisme chasis mobil. Rem mobil mempunyai peranan untuk perlambat kendaraan sampai hentikan kendaraan. Pada proses kerja rem mobil, mekanisme ini memakai fluida atau kerap disebutkan dengan minyak rem hingga disebutkan dengan mekanisme hidrolik.

Minyak rem atau fluida ialah material yang mempunyai uncompressible. Maknanya minyak rem tidak bisa dikompresi alias dipres. Ini berlainan dengan udara. Udara mempunyai karakter bisa dikompresi. Karena rem mobil memercayakan penekanan hidrolik dalam jalankan perannya karena itu murni cuman minyak rem yang semestinya berada di sejauh mekanisme rem ini.

Tapi, udara memungkinkan masuk di dalam minyak rem atau aliran minyak rem. Dengan bermacam argumen udara bisa masuk pada aliran rem sudah pasti. Bila ini terjadi, karena itu bleeding atau buang angin harus dilaksanakan untuk buang angin dari aliran rem. Untuk melakukan berikut cara buang angin rem mobil.

Cara buang angin rem mobil betul-betul benar-benar harus dimengerti oleh setiap pemilik mobil. Mengapa? Karena diantaranya penyebab rem blong dan mobil tidak melambat saat pedal rem diinjak adalah karena masuknya udara di luar ke proses pengereman. Agar semakin terangnya berkaitan cara buang angin rem mobil akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

cara buang angin rem mobil

Penyebab udara masuk pada mekanisme rem mobil

Sebelum membahas terkait cara buang angin rem mobil, terlebih dahulu Anda harus tahu bagaimana udara bisa masuk di proses hidrolik rem. Beberapa hal yang bisa menyebabkan udara masuk di saluran hidrolik rem antara lain;

1. Kekurangan Minyak rem

Udara bisa masuk di proses hidrolik bermula dari reservoir yang ada di kondisi kurang atau bahkan kosong. Tentu udara akan mudah masuk dan menyebabkan rem masuk angin.

2. Karena penggantian minyak rem

Penggantian minyak rem seharusnya dikerjakan dengan seorang ahli, karena ada teknik khusus agar minyak rem bisa diganti tanpa gelembung udara yang masuk di proses. Tapi saat anda alami rem ngempos sesudah penggantian minyak rem, itu bisa karena oleh ada udara yang ikut masuk saat proses penggantian minyak rem.

3. Karena penggantian komponen hidrolik rem

Sama dengan point nomor dua, tapi untuk komponen hidrolik rem memiliki kesulitan makin tinggi. Misalkan pada pompa ABS. Komponen ini harus diganti menggunakan alat khusus berupa scan agar proses bleeding berjalan secara betul.

Cara Buang Angin Rem Mobil

Berikut sebagai cara atau tingkatan yang penting dilaksanakan untuk buang angin yang ada pada rem mobil:

  1. Langkah pertama yaitu simpan kendaraan pada status datar dan seimbang. Lalu, naikkan dengan menggunakan dongkrak yang tepat. Bila tempatnya sudah naik, pasang jack stand.
  2. Langkah kedua cara buang angin rem mobil seterusnya adalah pengujian minyak rem. Buka tutup reservoir bakminyak rem dan optimis minyak masih pada kondisi penuh.
  3. Langkah ketiga yaitu persiapkan kunci nipel rem dan botol yang berisi minyak rem sekedarnya. Selanjutnya selang terpasang dengan status satu ujung tercelup minyak rem dalam botol dan ujung yang lain terpasang pada nipel rem. Optimis diameter selang sudah pas.
  4. Seterusnya adalah proses bleeding. Proses ini adalah yang khusus untuk mengeluarkan angin dari proses pengereman kendaraan. Mulai bleeding pada roda yang berada paling jauh dari master rem. Untuk tempatnya bisa seperti ini; kiri belakang, kanan belakang, kiri depan, dan kanan depan.
  5. Statuskan transmisi pada keadaan netral, rem tangan non aktif, dan nyalakan mesin mobil jika kendaraan menggunakan boster rem. Meminta kontributor seorang untuk menekan pedal rem tiga sampai 5 kali dan menahannya. Saat pedal rem tertahan, Anda bisa putar nipel rem 1/2 putaran bersimpangan dengan arah jarum jam. Tonton bagaimana semprotan pada selang terbuka, selanjutnya kencangkan kembali nipel rem.
  6. Selanjutnya, ulangi cara kelima sampai Anda yakin bila angin dalam proses pengereman sudah sukses keluar semua. Cara buang angin rem mobil ini membutuhkan kesabaran dan proses berkali-kali untuk yakinkan tak lagi ada udara dalam rem yang merintangi kerjanya. Sampai saat semprotan minyak rem pada botol tidak lagi mempunyai kandungan gelembung saat nipel diputar bersimpangan jarum jam, baru Anda bisa setop.
  7. Jika satu roda sudah sukses dikeluarkan anginnya, maka Anda bisa beralih ke roda seterusnya seperti status yang ada dalam cara keempat. Saat bleeding di roda seterusnya , Anda bisa kerjakan prosesnya sampai sering sampai benar-benar yakin semua angin sudah keluar.

Urutan Cara Buang Angin Rem Mobil

Dikendaraan ada dua model proses pipa minyak rem yaitu tipe menyilang (cross piping) dan tipe split ( front dan rear). Mode pipa minyak rem yang dipakai pada kendaraan akan tentukan bagaimana status bleeding rem mobil (buang angin rem).

Untuk kerjakan buang rem angin mobil, hal yang paling penting untuk diingat adalah selalu lakukan buang angin pada bagian roda yang paling jauh dari Master silinder rem. Saksikan status cara buang angin rem mobil pada kedua tipe jalur pipa minyak rem di bawah ini

1. Tipe cross piping (bersilang)

Tipe cross piping sebagai proses pipa rem yang tempatnya dibuat sama bersilangan, di mana rem roda kanan belakang akan terhubung dengan rem roda kiri depan, dan rem roda belakang kiri akan terhubung dengan rem roda depan kanan, begitu juga sebaliknya.

Tipe cross piping ini lebih banyak dan umum digunakan pada kendaraan beberapa macam sedan dan low MPV. Saksikan status cara buang angin rem mobil sama di dalam gambar di bawah ini untuk pipa rem proses menyilang.

2. Tipe Split Piping

Tipe split piping sebagai proses pipa rem yang tempatnya terdiri antara depan dan belakang, di mana roda kiri depan akan terhubung dengan roda kanan depan, sedang roda kiri belakang akanterhubung dengan roda kanan belakang.

Tipe split piping seringkali digunakan pada beberapa mobil type Pick Up yang menggunakan penggerak roda belakang. Saksikan status cara buang angin rem mobil tipe split piping pada gambar di bawah ini.

Khusus untuk mobil yang menggunakan proses pipa seperti ini terkadang kita kerap tidak merasakan baut nepel untuk buang angin rem mobil di salah stu sisi roda segi belakang, serupa contoh pada gambar di atas yang umum didapatkan adalah pada status no 2. Pada split piping umumnya perlu proses pembuangan angin rem pada status 1,3,dan 4 saja.

​​​​​​​​​​​​​​Diatas ialah pembahasan berkaitan cara buang angin rem mobil yang betul, urutan cara buang angin rem mobil, dan penyebab masuknya udara pada mekanisme rem mobil. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.