-->

RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi (Lengkap)

Konten [Tampil]
rpp bahasa indonesia kelas 9
RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan salah satu administrasi yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik atau guru. Semua mata pelajaran termasuk bahasa indonesia. RPP bahasa indonesia kelas 8 haruslah sesuai dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013 revisi.

Dalam proses pembuatan RPP bahasa indonesia kelas 8 harus mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar yang terdapat pada kurikulum 2013 revisi. Terdapat berbagai kompetensi dasar yang harus dicapai menurut kurikulum 2013 revisi pada setiap proses pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas 8.

Berbicara mengenai rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP tentunya tidak asing bagi tenaga pendidik. Namun dari waktu ke waktu terdapat berbagai perkembangan karena adanya berbagai perubahan kurikulum. Kurikulum terbaru yang digunakan adalah kurikulum 2013 revisi tahun 2018. Didalam kurikulum 2013 revisi terbaru memiliki kewajiban untuk mengintegrasikan berbagai kebijakan pendidikan indonesi termasuk PPK, 4C, HOTs, dan literasi.

RPP bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2018 ini merupakan kewajiban bagi guru yang mengampu bahasa indonesia dan sebagai bagian dari perangkat pembelajaran atau administrasi guru. Penyusunan RPP bahasa indonesia kelas 8 ini bertujuan sebagai perencanaan dalam proses pembelajaran bahasa indonesia agar semua kompetensi yang ada dapat dicapai oleh siswa.

Terdapat berbagai perubahan pada kurikulum 2013 terbaru revisi 2018. Didalamnya terdapat bagaimana proses mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter yang bertujuan untuk menanamkan 5 nilai karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.  Selain itu membiasakan gerakan literasi sekolah, menenamkan keterampilan 4C, dan membiasakan berfikir HOTs.

Di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus memunculkan empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Maka perlu kreatifitas guru atau tenaga pendidik dalam proses pembuatannya agar semua hal tersebut dapat terintegrasi dengan baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Dalam pelaksanaan PPK disesuaikan dengan kebutuhan yaitu dapat dilaksanakan 5 hari atau 6 hari.
 
Kali ini akan bagikan RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk proses pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 khusus bagi Bapak/Ibu yang belum membuat/ menyusun kedalam perangkat pembelajaran atau adminsitrasi guru profesional. Karena memang ini bagian yang tidak bisa lepas dari tugas Pokok dan fungsi disamping memberikan proses pembelajaran didalam sekolah/ madrasah. Maka dari itu ini haruslah dibuat serius mungkin supaya nanti siswa mampu mencapai kompetensi dari setiap kompetensi dasar, indikator dari masing-masing materi pelajaran.

Untuk lebih jelasnya mengenai rencana pelaksanaan pembelajaraan atau RPP bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi terbaru akan dibahas pada artikel berikut ini.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 8

Berikut merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran  atau RPP bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi terbaru.
Itulah kiranya berbagi Informasi mengenai RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018,  semoga bermanfaat untuk Bapak/Ibu semua dalam melengkapi perangkat pembelajaran atau adminsitrasi guru.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel